September 26, 2018, 03:37:48 AM

collapse

Google Search

* Shoutbox

Refresh History
  • Dilarang jual beli di bagian Shoutbox, gunakan Pasar RC.
  • Yayanyandis: Test
    September 08, 2018, 04:30:02 PM
  • lowenheart: 1. Xray T4 2016 FULL HOOP UP - Servo Futaba BLS571SV - ESC ORCA VX3 with ORCA ALU FAN - Motor ORCA RX3 13.5T with WTF FAN - Receiver Futaba R304SB-E - Full Hoop up with Alu & Titanium  2. Xray NT1 2013 - Servo 2x Savox SB-2271SG - Motor NOVAROSSI Keep-On Tuned - My Laps Transporder - Receiver Futaba R304SB - Full Titan  3. Team Magic G4JR - Servo Savox 1251MG - Servo Savox 1252MG - Receiver Futaba R304SB  4. VBC FF Twelve - Servo KO Propo PDS-2345-ICS - Motor & ESC HOBBYWING Xerun 13,5T - Receiver Futaba R304SB-E - Hoop up HUDY  5. PAN CAR  - Servo Trackstar - ESC Trackstar One Cell Gen 2 - Moto Trackstar  6. Mchassis V2 - Servo Savox 1251 MG - Motor & ESC Hobbywing  - Receiver Futaba R304SB-E - Full Hoopup Tamiya - Mylaps Transporder  7. Futaba 4PX Full Hoop UP by HiroSeiko with LIPO  8. Hudy Setup System Touring 1/10 Complete Set  9. Bonus : - Starter Box Hard Racing - Tekin RS Pro with Orca RX2 10.5T - LRP 5800 MAH NEW - 2x LRP Shorty Lipo - Hyperion Charger EOS0606i - Turnigy 5800MAh
    June 01, 2018, 01:24:21 AM
  • apria suprastyo: samarinda
    March 08, 2018, 09:27:25 AM
  • Rezki: Komunitas rc karawang ada?
    January 18, 2018, 12:03:49 PM
  • marionaurora: komunitas boat di jogja ada ga yaa ?
    July 14, 2017, 09:15:26 AM
  • arifp056: komunitas rc drift di kudus apa ya? ada yang tau gag?
    July 10, 2017, 08:53:24 PM
  • RAGA: ada yang bisa review www.gintinghobbies. com
    April 26, 2017, 12:02:19 PM
  • CeCeNeT: hallo.... ada yang tau event race kapan dan dimana sekitar jakarta?
    April 20, 2017, 03:42:20 PM
  • azman: uda di jualain semua kitnya... jadi ga pernah mampir lagi
    April 18, 2017, 11:38:23 AM
  • anaconda: sdh tutup kah web ini
    March 30, 2017, 11:56:57 AM
  • anaconda: pada loit kli yach racer ind nie
    March 30, 2017, 11:55:50 AM
  • mg racer: pagiiiii, dah lama ga main kesini
    March 30, 2017, 07:13:43 AM
  • Saddam: Kopdarnya tiap hari apa min?
    February 10, 2017, 07:15:09 AM
  • hendra.bluesky: siang semuanya, mau cari discharger yang bagus untuk batre aa dmna yah, mohon bantuannya ,  trims
    October 28, 2016, 01:38:29 PM
  • wishnew7: Selamat malam
    October 25, 2016, 06:28:59 PM
  • zadark: Pagi All, mini RC kalau diganti koker inti feritnya supaya jarak jangkauannya lebih jauh gimana ya?
    August 15, 2016, 08:06:48 AM
  • The Big M: Pagiii...wah dah lama gak soan kemari
    August 12, 2016, 08:33:14 AM
  • mbohben: om toko rc di malang dimana ya yg recomended?
    July 23, 2016, 12:47:18 PM
  • dhetz: yang main shortcourse 1/10 EP daerah bsd dan sekitarnya absen dunk..biar bisa joinan bareng
    June 27, 2016, 01:42:42 PM
  • antpur: ada yang pernah pake ESC sanwa 308RZ atau yang ngerti setting ??
    June 18, 2016, 08:26:04 AM
  • lowenheart: agan2 yang ada di bandung.. perkenalkan ane dari bandung.. kita dulu komunitas di bandung maen heli (Persatuan Aeromodelling Bandung), sekarang kita kembali gabung buat bikin frame FPV Drone Racing.. sebenernya ini buatan kita asal bandung, dan udah pernah dipake balap di singapore dan juara jg... nama frame nya HiberNagen (hiber = terbang   nagen = diem) hehehehe... kalo yang mau coba main kita setiap hari kamis di Lapangan Udara Sulaiman Bandung. kita juga punya Drone OJEK yang dimana bisa di pinjemin plus dipinjemin google nya pake Fatshark. kita disini sebenernya bukan cari duit, tapi cari komunitas nya... web kita Hibernagen Official Website terus ada beberapa video oleh team pilot kita  https://www.youtube.com/watch?v=njo4chk0erw https://www.youtube.com/watch?v=4O8qolPOyjc https://www.youtube.com/watch?v=sCsdU9fs7Fk   ini frame asli buatan Indonesia... so kalo yang mau gabung sama kita bisa hub Nicky 08112035522
    April 24, 2016, 01:06:31 AM
  • azfani: harga brapa gan
    April 13, 2016, 12:16:02 PM
  • Rama aprilian s: Dsurabaya ada yang masi main rc adventure nda?
    February 16, 2016, 01:44:10 PM
  • irham: Yg punya transponder blh tawarin dong
    February 11, 2016, 10:06:35 PM
  • rednockp: member baru nih, kemarin liat orang main rc mobil, jadi kepengen
    February 11, 2016, 12:15:31 PM
  • B45Y4H: Sore RC'ers, udah lama berhenti main rc, sekarang kembali aktif lagi, pas liat" forum sepi banget ya, pemain lama pada kemana nih?
    February 04, 2016, 03:10:33 PM
  • eleazaar: siang gan bro.. kangen main RC nih. masih ada yang main rc rally ga ya di jakarta?
    January 04, 2016, 09:22:15 AM
  • GeZardous12: Malam GAN....Sebelumnya ane mau cerita dulu nih.....ane mainin quadcopter ane bentuknye small (MODEL WL TOYS V272).lalu ketika mencapai ketinggian max ane lost signal dan ketiup angin  :berdukas :berdukas :berdukas .lalu pertanyaanya ane lagi nyari model tersebut tetapi yg hanya menjual quadcopternya saja(ALIAS BNF)?.lalu jika tidak ada ane mau nanya apakah bisa transmitternya dipakai UTK QP model lain(2,4 GHz),kalau bisa bisa kasih link Olshopnya?....TERIMAKASIH (ini pertama kali ane nulis pertanyaan) (kalo bisa pm ya gan) :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss
    December 26, 2015, 11:16:30 PM
  • oktazul manroe: ada yg jual esc fe 60 amp seken g om low ada bisa sms 082367414492
    December 26, 2015, 03:25:39 PM
  • admin: enggak lah, pemainnya banyak yg baru juga, ramein semuanya dong
    December 24, 2015, 07:51:40 AM

* Who's Online

  • Dot Guests: 73
  • Dot Hidden: 0
  • Dot Users: 0

There aren't any users online.


Author Topic: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat engine, biaya fuel & busi)....  (Read 66347 times)

Offline T-600N

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 68
  • Reputation Power: 0
  • T-600N has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #15 on: July 15, 2010, 11:03:40 PM »
Om Oliloid,
Terimakasih atas pencerahannya..kompresi engine memang merupakan hal baru bagi bagi saya.
Untuk kasus yg saya hadapi sebelumnya, dengan melakukan adjustment pada needle fuel  supply, engine mampu IDLE  lebih lama...hanya saja saya masi belum berani menentukan seberapa lama masa IDLE ini, karena selalu buru2 saya matikan Engine..kalo tidak salah aturan basicnya adalah Engine harus mampu untuk IDLE selama 10 detik..mohon koreksi,Om..

Glow Engine  utk aeromodelling berbeda dg Glow Engine R/C surface,Om..karena Glow engine utk aeromodelling memiliki ring piston..
Kemudian fuel milage bukan merupakan faktor yg sangat penting, krn intinya aeromodeller memerlukan torque yg konstan agar mampu meng-cover setiap manuver mulai yang ringan sampai berat plus menjaga suhu engine(yg didapat dr kombinasi methanol dan lubricant oil dlm fuel plus tambahan cooling fan seperti pd R/C Helicopter)
Kemudian Glow Engine pd aeromodelling tidak menggunakan air filter sehingga mixture antara udara dg fuel sangat optimal(menurut pendapat saya lho ya..)
Mohon koreksi,para pilot aeromodelling...


Kembali ke topik Anda..
Ok,jadi secara garis besar, kesimpulan yg saya dapat dr Anda adalah:
1. Nitro memberikan peran pemborosan dlm konsumsi fuel ya?...mohon koreksi,Om..
2. Dlm pengoplosan fuel, methanol akan lebih di-effisienkan penggunaanya dlm perbandingan fuel : udara...ditambah pengaturan ulang kompresi dan semua needle pada Engine..mohon koreksi,Om..
3.Yup saya sependapat dg Anda soal castor oil.

Kemudian...bagaimana rumusan pencampuran methanol,castor oil, plus nitro ini?...Bagaimana melakukan penghitungan kompresi engine agar didapatkan fuel mileage yg lebih efektif?...sepertinya ini yang belum dibahas neh..:)

Terima kasih sebelumnya

salam,
Arief
« Last Edit: July 15, 2010, 11:30:26 PM by T-600N »

Offline buggy_mania

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 63
  • Reputation Power: 0
  • buggy_mania has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #16 on: July 16, 2010, 01:18:08 AM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????

mau donk jd tester,kl udah dtg info hrgnya ya...btw bs dikirim ke semarang ga nih?mau jd tester pertama di jateng nih hehe...

Offline T-600N

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 68
  • Reputation Power: 0
  • T-600N has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #17 on: July 16, 2010, 10:08:43 AM »
Dear all,
setelah berdiskusi dg teman yg bermain dlm modifikasi engine mobil drifting,mobil beneran..akhirnya saya menemukan titik terang soal pemahaman kompresi engine..Penambahan kompresi pd dasarnya bertujuan utk lebih memaksimalkan supply udara dlm proses pembakaran fuel,dlm hal ini adalah methanol,sehingga peran Nitro sbg pembawa oksigen menjadi berkurang ato dihilangkan sm sekali. Ini adalah pemahaman awal saya soal penambahan kompresi..mohon koreksi nya..Dari pemahaman tsb, saya berkesimpulan, engine akan mengalami perubahan spesifikasi dr design awalnya..yg akan berdampak juga tentunya terhadap engine..berhubung ilmu saya soal engine masi minim banget, maka saya menunggu pendapat dr para senior dan suhu saja de..

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #18 on: July 16, 2010, 04:25:30 PM »
Alo om T600 , trims balesannya.  Sy coba bales :

Om Oliloid,
Terimakasih atas pencerahannya..kompresi engine memang merupakan hal baru bagi bagi saya.

-> Istilah lebih tepatnya: rasio kompresi

 Ini term/istilah yg sangat umum di dunia per-engine-an, yaitu  perbandingan volume ruang bakar saat piston di paling bawah (campuran fuel + udara blm dimampatkan) dan saat piston di posisi paling atas (kondisi dimampatkan) :

Kalo di mesin bensin sekitar 1 : 9          Kalo di mesin diesel sekitar 1 : 20  (mangkanya diesel lebih irit bbm)

Kalo di nitro engine 2 stroke (lebih tepatnya glow engine)  mulai dari kira2  1 : 9  (dgn campuran nitro)  s/d  1 : 13.5   (tanpa nitro sama sekali)


Untuk kasus yg saya hadapi sebelumnya, dengan melakukan adjustment pada needle fuel  supply, engine mampu IDLE  lebih lama...hanya saja saya masi belum berani menentukan seberapa lama masa IDLE ini, karena selalu buru2 saya matikan Engine..kalo tidak salah aturan basicnya adalah Engine harus mampu untuk IDLE selama 10 detik..mohon koreksi,Om..

-> Kalo mau iddle-nya stabil,  jarum low speed needed jangan terlalu nutup .. Nantinya putaran iddle jadi tinggi nggak karuan krn terlalu lean ..  -> Gampang kok nyetelnya ...

-> Kalo rasio kompresi terlalu rendah, mesin nggak bisa idle dgn RPM rendah …trus power-nya juga payah ...


Glow Engine  utk aeromodelling berbeda dg Glow Engine R/C surface,Om..karena Glow engine utk aeromodelling memiliki ring piston..

-> Glow engine untuk car/buggy tenaganya lebih gede drpd engine untuk pesawat ….  Supaya bisa tenaga gede (dan ukuran engine tetap), RPM hrs bisa tinggi  (20000 - 30000) ….   Supaya RPM bisa tinggi, pistonnya nggak boleh pake ring piston ….


Kemudian fuel milage bukan merupakan faktor yg sangat penting, krn intinya aeromodeller memerlukan torque yg konstan agar mampu meng-cover setiap manuver mulai yang ringan sampai berat plus menjaga suhu engine(yg didapat dr kombinasi methanol dan lubricant oil dlm fuel plus tambahan cooling fan seperti pd R/C Helicopter)

-> Kalo di balapan RC buggy/car, run time per tangki kan bisa (sangat) menentukan posisi … ya nggak …


Kemudian Glow Engine pd aeromodelling tidak menggunakan air filter sehingga mixture antara udara dg fuel sangat optimal(menurut pendapat saya lho ya..)
Mohon koreksi,para pilot aeromodelling...

-> RC engine utk buggy/car memang "penuh penderitaan" : …  udara penuh debu/tanah …. RPM tinggi digeber2  … cooling seadanya ...
Mangkanya umurnya singkat (umur piston-nya … kalo silinder-nya masih bisa di pakai ber-ulang-ulang …maksudnya pistonnya di bikin ulang ...) …

Mangkanya engine aeromodelling bisa tahan bertahun2 dan malahan ada yg mewarisi dari kakeknya … hehehe


Kembali ke topik Anda..
Ok,jadi secara garis besar, kesimpulan yg saya dapat dr Anda adalah:
1. Nitro memberikan peran pemborosan dlm konsumsi fuel ya?...mohon koreksi,Om..

-> Dari segi konsumsi fuel memang lebih boros …   Keuntungannya dgn nitro, proses seting engine lebih mudah … walaupun yg tanpa nitro juga nggak susah setingnya …
-> Untuk RC car on-road yg traksi rodanya lebih tinggi … bisa jadi kandungan nitro berpengaruh ke akselerasi .. Tapi buat buggy, sptnya nggak perlu2 amat pake nitro ….


2. Dlm pengoplosan fuel, methanol akan lebih di-effisienkan penggunaanya dlm perbandingan fuel : udara...ditambah pengaturan ulang kompresi dan semua needle pada Engine..mohon koreksi,Om..

-> Betul om,  engine RC buggy/car yg ada dipasaran dibuat untuk nitro 25-30% yg menurut info dibuat untuk market di USA (terbesar) dimana harga nitro disana jauh lebih murah. Kalo pake fuel kadar nitro rendah, otomatis kita hrs sesuaikan rasio kompresi nya ..

-> Infonya, dulunya pabrik engine RC di Europe bikin engine untuk nitro rendah … tapi krn konsumen di USA (dgn fuel nitro tinggi) pada komplain enginenya nggak ok jadinya pabrik Eropa "nyerah" dan menyesuaikan produknya dgn keinginan konsumen USA ...


3.Yup saya sependapat dg Anda soal castor oil.

Kemudian...bagaimana rumusan pencampuran methanol,castor oil, plus nitro ini?...Bagaimana melakukan penghitungan kompresi engine agar didapatkan fuel mileage yg lebih efektif?...sepertinya ini yang belum dibahas neh.. :)

-> Pertama bikin campuran FAI fuel (20% castor) :    4 botol methanol murni dicampur 1 botol castor oil …
-> Kalo nggak punya nitro, ini sdh bisa dipakai (dgn syarat rasio kompresi di sesuaikan..  Dan juga pake busi yg lebih hot spy iddle bagus) ..

-> Trus kalo mau bikin campuran nitro 10%  :   satu botol fuel 30% nitro (yg umum ada dipasaran) dicampur dgn 2 botol FAI fuel diatas.

-> Ngitung rasio kompresi :    hitung volume ruang bakar saat piston di bawah (Vol TMB)  …..  trus  hitung volume saat piston di atas  (Vol TMA

   Rasio kompresi = Vol TMB  :   Vol TMA

-> Kalo pake nitro 10%,  rasio kompresi yg pas kira2  1 : 11.5
-> Kalo pake nitro 0%, rasio kompresi yg pas  1 ; 13.5 

-> Kalo ada yg mau koreksi pls  … - Tq Oliloid


Terima kasih sebelumnya

salam,
Arief
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #19 on: July 16, 2010, 04:35:54 PM »
-> Postingan di youtube.com tentang buggy RC yg pakai 0% nitro :



-> Katanya busi yg dipake di video itu blm cocok banget (alias terlalu "cold" ..jadinya iddle nya kedengaran agak tinggi)  ...  -> tapi setelah diganti busi OS-F (buat engine 4 stroke) katanya baru "perfect" .... iddle maupun tarikan-nya ...

Keterangan video clip :

Hi there.
Normally a rc car engine runs on 25-30% nitro in the fuel. Why shouldn't they be able to run on FAI (0% nitro) fuel? I've been writing a lot with Brian, Australia aka Downunder on RCUniverse.com and many other RC forums, and his son races a .28 engine on 80% methanol and 20% castor oil. After a modification that increased the compression ratio, his engine runs as fast as all the other engines - AND runs 2 minutes longer on one tank of fuel, compared with drivers that uses 25% nitro (same engine and car).
That's why I wanted to test it. My friend Dennis Munch from Denmark was so kind of letting me borrow his Kyosho Inferno Kanai 3 1/8 buggy powered with a sweeeeet RB WS2 .21 engine.
The only modification I made, was removing the 2 head shims to increase the compression ratio from approx. 8,5:1 to 11:1. The perfect compression ratio with FAI fuel is 13,5:1 (one more thing Downunder has found out :-) ). Both a Rossi 4 plug and a OS No. 6 (formerly A3) was too cold (the one I'm using in the video). 4 days later I tried a OS F (4 stroke plug) and that was the right plug. Perfect idle, transition and top. That day the track was pretty bumpy and I didn't fly over the jumps (to protect the car):
12 minutes and 28 seconds on one tank of fuel!
At the race I'm going to drive the 14th of June 2009, it should be able to run at least 10 minutes pr. tank of fuel (only 2 pitstops in a 30 minutes main).
For me it has got more than enough power with this lovely FAI fuel (I'm using 16% AeroSynth3 oil) and it costs approx. 1/4 of the the "normal" 25% car fuel.
« Last Edit: July 16, 2010, 05:06:21 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**


Offline iponewbie

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 274
  • Reputation Power: 4
  • iponewbie has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #20 on: July 16, 2010, 04:37:48 PM »
wah rumusannya udah dijelaskan...saatnya eksperimen..
tq om oliloid buat infonya :) tapi yg buat ngetest blum ada  :P
lagi nunggu yang cocok :)

Offline superhelmy

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 853
  • Reputation Power: 7
  • superhelmy has no influence.
    • View Profile
    • http://www.jualrc.com
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #21 on: July 16, 2010, 06:09:26 PM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????

mau donk jd tester,kl udah dtg info hrgnya ya...btw bs dikirim ke semarang ga nih?mau jd tester pertama di jateng nih hehe...



yah Om kejauhan maen ke Jakarta deh Om ..hahaha

Offline superhelmy

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 853
  • Reputation Power: 7
  • superhelmy has no influence.
    • View Profile
    • http://www.jualrc.com
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #22 on: July 16, 2010, 06:24:44 PM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????

Bocoran dong om.. Murahnya sampai brp harga nya? kapan mau main di Graha, info dong, hehe.. :D :D


Hahaha Om Deny Rusli wah ga boleh nyebut harga di sini kalo di lapak boleh....
Yang pasti murah banget, kebetulan pabrikan ini udah lama maen khusus chemical untuk RC, perusahaan Cina Joint Venture dengan Jepang.

dari pada repot2 ngoplos coba deh fuel ini di pelajarin kalo lolos tester kita bisa pesen banyakan murah bener deh Om & Variasinya itu banyak.

Warna fuelnya Bening sama kaya Odoneal. 

nih variasi persentasenya,



Item No.   Description   Pack Size
11001   Fuel  5% for  Air Plane & Helicopter    1 Liters
11002   Fuel  5% for  Air Plane & Helicopter    3 Liters
11003   Fuel  5% for  Air Plane & Helicopter    5 Liters
11004   Fuel  5% for  Air Plane & Helicopter    200Liters
11005   Fuel  10% for  Air Plane & Helicopter    1 Liters
11006   Fuel  10% for  Air Plane & Helicopter    3 Liters
11007   Fuel  10% for  Air Plane & Helicopter    5 Liters
11008   Fuel  10% for  Air Plane & Helicopter    200Liters
11009   Fuel  15% for  Air Plane & Helicopter    1 Liters
11010   Fuel  15% for  Air Plane & Helicopter    3 Liters
11011   Fuel  15% for  Air Plane & Helicopter    5 Liters
11012   Fuel  15% for  Air Plane & Helicopter    200Liters
11013   Fuel  25% for  Air Plane & Helicopter    1 Liters
11014   Fuel  25% for  Air Plane & Helicopter    3 Liters
11015   Fuel  25% for  Air Plane & Helicopter    5 Liters
11016   Fuel  25% for  Air Plane & Helicopter    200Liters
11017   Fuel  30% for  Air Plane & Helicopter    1 Liters
11018   Fuel  30% for  Air Plane & Helicopter    3 Liters
11019   Fuel  30% for  Air Plane & Helicopter    5 Liters
11020   Fuel  30% for  Air Plane & Helicopter    200Liters
11101   Fuel 10% for Racing & Buggy    1 Liters
11102   Fuel 10% for Racing & Buggy    3 Liters
11103   Fuel 10% for Racing & Buggy    5 Liters
11104   Fuel 10% for Racing & Buggy    200 Liters
11105   Fuel 16% for Racing and Buggy   1 Liters
11106   Fuel 16% for Racing and Buggy   3 Liters
11107   Fuel 16% for Racing and Buggy   5 Liters
11108   Fuel 16% for Racing and Buggy   200 Liters
11109   Fuel  25% for Racing and Buggy   1 Liters
11110   Fuel  25% for Racing and Buggy   3 Liters
11111   Fuel  25% for Racing and Buggy   5 Liters
11112   Fuel  25% for Racing and Buggy   200Liters
11113   Fuel  30% for Racing and Buggy   1 Liters
11114   Fuel  30% for Racing and Buggy   3 Liters
11115   Fuel  30% for Racing and Buggy   5 Liters
11116   Fuel  30% for Racing and Buggy   200Liters



Item No.   Description   Pack Size
11201   Fuel  10% for Boat   1 Liters
11202   Fuel  10% for Boat   3 Liters
11203   Fuel  10% for Boat   5 Liters
11204   Fuel  10% for Boat   200Liters
11205   Fuel  15% for Boat   1 Liters
11206   Fuel   15% for Boat   3 Liters
11207   Fuel   15% for Boat   5 Liters
11208   Fuel   15% for Boat   200Liters
11209   Fuel   25% for Boat   1 Liters
11210   Fuel   25% for Boat   3 Liters
11211   Fuel   25% for Boat   5 Liters
11212   Fuel   25% for Boat   200Liters
11213   Fuel  30% for Boat   1 Liters
11214   Fuel  30% for Boat   3 Liters
11215   Fuel  30% for Boat   5 Liters
11216   Fuel  30% for Boat   200Liters
11217   Fuel  35% for Boat   1 Liters
11218   Fuel   35% for Boat   3 Liters
11219   Fuel   35% for Boat   5 Liters
11220   Fuel   35% for Boat   200Liters
11221   Fuel   45% for Boat   1 Liters
11222   Fuel   45% for Boat   3 Liters
11223   Fuel   45% for Boat   5 Liters
11224   Fuel   45% for Boat   200Liters
11225   Fuel  55% for Boat   1 Liters
11226   Fuel   55% for Boat   3 Liters
11227   Fuel   55% for Boat   5 Liters
11228   Fuel   55% for Boat   200Liters
11229   Fuel  60% for Boat   1 Liters
11230   Fuel  60% for Boat   3 Liters
11231   Fuel  60% for Boat   5 Liters
11232   Fuel  60% for Boat   200Liters
11233   Fuel  65% for Boat   1 Liters
11234   Fuel  65% for Boat   3 Liters
11235   Fuel  65% for Boat   5 Liters
11236   Fuel  65% for Boat   200Liters



kebetulan bossnya itu kenal baik dengan saya jadi harga special untuk Indonesia lebih murah dari Singapore & Thailand tanpa mengurangi spec...

Makannya merek kirim sampel untuk saya test, nanti bareng2 yah ....

Offline Deny Rusli

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 2002
  • Reputation Power: 48
  • Deny Rusli might someday be someone...Deny Rusli might someday be someone...Deny Rusli might someday be someone...Deny Rusli might someday be someone...
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #23 on: July 18, 2010, 07:21:39 PM »

Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????

Bocoran dong om.. Murahnya sampai brp harga nya? kapan mau main di Graha, info dong, hehe.. :D :D
[/quote]


Hahaha Om Deny Rusli wah ga boleh nyebut harga di sini kalo di lapak boleh....
Yang pasti murah banget, kebetulan pabrikan ini udah lama maen khusus chemical untuk RC, perusahaan Cina Joint Venture dengan Jepang.

dari pada repot2 ngoplos coba deh fuel ini di pelajarin kalo lolos tester kita bisa pesen banyakan murah bener deh Om & Variasinya itu banyak.

Warna fuelnya Bening sama kaya Odoneal. 

nih variasi persentasenya,

kebetulan bossnya itu kenal baik dengan saya jadi harga special untuk Indonesia lebih murah dari Singapore & Thailand tanpa mengurangi spec...

Makannya merek kirim sampel untuk saya test, nanti bareng2 yah ....
[/quote]

Siip lah... Kapan main ke Graha nih? Minggu depan tgl 25 yuukk.. :D  :D
The sky is high.. But don't forget there is something higher above...

Offline superhelmy

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 853
  • Reputation Power: 7
  • superhelmy has no influence.
    • View Profile
    • http://www.jualrc.com
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #24 on: July 20, 2010, 03:23:11 PM »

Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????

Bocoran dong om.. Murahnya sampai brp harga nya? kapan mau main di Graha, info dong, hehe.. :D :D


Hahaha Om Deny Rusli wah ga boleh nyebut harga di sini kalo di lapak boleh....
Yang pasti murah banget, kebetulan pabrikan ini udah lama maen khusus chemical untuk RC, perusahaan Cina Joint Venture dengan Jepang.

dari pada repot2 ngoplos coba deh fuel ini di pelajarin kalo lolos tester kita bisa pesen banyakan murah bener deh Om & Variasinya itu banyak.

Warna fuelnya Bening sama kaya Odoneal. 

nih variasi persentasenya,

kebetulan bossnya itu kenal baik dengan saya jadi harga special untuk Indonesia lebih murah dari Singapore & Thailand tanpa mengurangi spec...

Makannya merek kirim sampel untuk saya test, nanti bareng2 yah ....
[/quote]

Siip lah... Kapan main ke Graha nih? Minggu depan tgl 25 yuukk.. :D  :D
[/quote]



Om Deny Rusli,

ok siap tgl 25 Yah Pak, mudah2an fuelnya buat tester udah bisa keluar dari pabean hahhahah


Offline 207

  • Newbie
  • *
  • Posts: 35
  • Reputation Power: 0
  • 207 has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #25 on: July 25, 2010, 05:23:12 PM »
waaah Infonya keren om... Berarti fuel 0% nitro bisa diterapin di Onroad fw 05 RTR ya om? dengan catatan kompresi dinaikkan dan setting ulang karbunya.. mohon koreksinya om..

Offline vedanta

  • Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Reputation Power: 0
  • vedanta is looked down upon.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #26 on: July 25, 2010, 11:55:35 PM »
sundul dulu cuma prakteknya kapan nih kalau boleh tahu .. jgn asal keetik kkwkwkwkw peace bro

Offline superhelmy

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 853
  • Reputation Power: 7
  • superhelmy has no influence.
    • View Profile
    • http://www.jualrc.com
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #27 on: August 04, 2010, 01:35:57 PM »
sundul dulu cuma prakteknya kapan nih kalau boleh tahu .. jgn asal keetik kkwkwkwkw peace bro

tenang Om Vendeta pasti akan terwujud kok Om hihihihih cuman sorry yah kelamaan soalnya kayannya mau di barengin sama test Ban Buggy nih Om

Offline eagle76

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 295
  • Reputation Power: 4
  • eagle76 has no influence.
  • drive faster,and fly higher
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #28 on: August 27, 2010, 04:57:35 PM »
FUELS
by John Modistach
I have been mixing fuel commercially for model airplane engines for close to 20 years and have encountered numerous problems with the resultant product with various engines.
 
When sport engines "act up" on a standard brew of 4:1 Methanol/Castor, there is a need to experiment.

I have found that Methanol can vary from season to season and can some times cause motors to run extremely hot and inconsistent. The remedy is generally to do what Shell Oil Co has seen fit for as long as I've known their products and add 3% Acetone to the mixture.

This action can turn an un co-operative engine into a well behaved engine. Recently I researched the topic further and found a very interesting section in Graham Bell's book on Two Strokes. One of my fellow club members had contacted BP following his encounter with an Enya 40 SS BB and their Chemist sent a table of information which I have included.

In my experience with Four Stroke engines, I personally run a blend of 5% acetone and have never had a back-fire resulting in a prop being thrown. The following information supports my findings and will provide you with some FACTS, instead of listening to the local club member expressing a view and ultimately confusing the issue.



Extracts from Performance Tuning in Theory & Practice - Two Strokes by Graham Bell

Page 117
" I recommend the use of racing fuels in which the higher octane is obtained by blending additives such as acetone, toluol(methyl benzine), benzol, ethanol or methanol."

Page 118
"Methanol ( Methyl Alcohol) and Ethanol (Ethyl alcohol) have an octane rating of 140 - 160, depending on mixture richness. These fuels therefore can be used with very high compression ratios."

Methanol and ethanol have very high latent heat of vaporisation, ie, it takes a lot of heat to convert them from a liquid into vapour. Petrol has a latent heat of evaporation of 135 Btu/lb., methanol 472 Btu/lb., and ethanol 410 Btu/lb.. This heat, required for proper atomisation, is removed from the piston crown, combustion chamber and the cylinder, resulting in an internally cooler engine.

The two stroke engine is a type of heat engine, ie.one that burns fuel to cause the expansion of gas and the subsequent movement of the piston. The more heat produced by the combustion process, the more pressure there will be exerted on the piston, which gives us a power increase.

Using Petrol, the fuel/air ratio for best power is 1 : 12.5. With methanol we can increase the fuel/air ratio to 1 : 4.5, although I usually prefer a ratio of 1 : 5.5. Less than 1:7 is too lean. One pound of Methanol delivers around 9800 Btu.

Methanol is extremely poisonous and, as it is an accumulative poison, it can build up over a period of time and oxidise to form formaldehyde, eventually causing blindness or even insanity. It is absorbed through the skin and lungs, either by direct contact or from the vapours. Inhalation of the exhaust gas can also be dangerous as vaporised methanol is usually present, especially when rich mixtures are being used.

Methanol and ethanol will absorb huge amounts of water out of the air, so they must always be kept in an air-tight container. The fuel will also have to be completely drained from the tank and the carburettor to prevent the formation of water-induced corrosion and oxidisation.
In colder climates, starting difficulties may be encountered when pure alcohol is being burned. Some use other more volatile fuels blended in to help overcome this problem. Usually 5% acetone or a maximum of 3% ether is used.

Page 120
Nitro methane, as such, isn't really a good fuel but it can give two-stroke engines a power boost if used sensibly. Nitro's only virtue is that it contains approximately 53% by weight oxygen, so in effect it is a chemical super-charger. In drag car engines it is blended 80-90% nitro to 10-20% methanol, but there is no way a two-stroke engine can hold together with more than a 20% nitro-80% methanol blend (recall that this was originally written for full size engines). To deter detonation, or other engine damage, it is always necessary to lower the compression ratio. Care is in order when handling nitro methane, as it may become explosive.

The TABLES indicate the basic fuels available to the racer. Some may be neat or blended, others are combustion accelerators and, as such, are blended in very small quantities with alcohol fuels only.

When methanol or ethanol is the base fuel, propylene oxide may be added to increase the combustion flame speed. If you decide to use propylene oxide, be very careful to blend in not more than 3-5% by volume and ensure a rich fuel/air mixture of 1:4.5-5.0 is maintained. Propylene oxide can become explosive if allowed to come in contact with rust particles or copper and its alloys. Therefore it must be stored in plastic or aluminium containers. Once blended with other fuels it is relatively stable.

Acetone is often blended with alcohol to accelerate combustion flame speed, and also to reduce its tendency to pre-ignite when lean mixtures are used. Usually a 10% acetone/90% alcohol blend is all that is required for this purpose, although much higher percentages of acetone may be blended if desired

table fuel
http://www.holdfastmac.com.au/techcharts.html
« Last Edit: August 27, 2010, 05:08:16 PM by eagle76 »
work hard,play hard

Offline WILD KID

  • Newbie
  • *
  • Posts: 35
  • Reputation Power: 6
  • WILD KID has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #29 on: October 11, 2010, 11:11:59 AM »
Agan @ oliloid
tolong di kombinasikan dong ane punya fuel 25%, pengen di turunkan jadi 10% jadi perbandingan Fuel nitro nya gimana? n pure methanol nya brp liter? n oil castrol nya brp mili liter? tq Sukses bro
Darat dan Udara harus di jelajahi
Xray T3,M05,mini-Z AWD, MT4,hitec Aurora 9, M8