September 26, 2018, 03:35:05 AM

collapse

Google Search

* Shoutbox

Refresh History
  • Dilarang jual beli di bagian Shoutbox, gunakan Pasar RC.
  • Yayanyandis: Test
    September 08, 2018, 04:30:02 PM
  • lowenheart: 1. Xray T4 2016 FULL HOOP UP - Servo Futaba BLS571SV - ESC ORCA VX3 with ORCA ALU FAN - Motor ORCA RX3 13.5T with WTF FAN - Receiver Futaba R304SB-E - Full Hoop up with Alu & Titanium  2. Xray NT1 2013 - Servo 2x Savox SB-2271SG - Motor NOVAROSSI Keep-On Tuned - My Laps Transporder - Receiver Futaba R304SB - Full Titan  3. Team Magic G4JR - Servo Savox 1251MG - Servo Savox 1252MG - Receiver Futaba R304SB  4. VBC FF Twelve - Servo KO Propo PDS-2345-ICS - Motor & ESC HOBBYWING Xerun 13,5T - Receiver Futaba R304SB-E - Hoop up HUDY  5. PAN CAR  - Servo Trackstar - ESC Trackstar One Cell Gen 2 - Moto Trackstar  6. Mchassis V2 - Servo Savox 1251 MG - Motor & ESC Hobbywing  - Receiver Futaba R304SB-E - Full Hoopup Tamiya - Mylaps Transporder  7. Futaba 4PX Full Hoop UP by HiroSeiko with LIPO  8. Hudy Setup System Touring 1/10 Complete Set  9. Bonus : - Starter Box Hard Racing - Tekin RS Pro with Orca RX2 10.5T - LRP 5800 MAH NEW - 2x LRP Shorty Lipo - Hyperion Charger EOS0606i - Turnigy 5800MAh
    June 01, 2018, 01:24:21 AM
  • apria suprastyo: samarinda
    March 08, 2018, 09:27:25 AM
  • Rezki: Komunitas rc karawang ada?
    January 18, 2018, 12:03:49 PM
  • marionaurora: komunitas boat di jogja ada ga yaa ?
    July 14, 2017, 09:15:26 AM
  • arifp056: komunitas rc drift di kudus apa ya? ada yang tau gag?
    July 10, 2017, 08:53:24 PM
  • RAGA: ada yang bisa review www.gintinghobbies. com
    April 26, 2017, 12:02:19 PM
  • CeCeNeT: hallo.... ada yang tau event race kapan dan dimana sekitar jakarta?
    April 20, 2017, 03:42:20 PM
  • azman: uda di jualain semua kitnya... jadi ga pernah mampir lagi
    April 18, 2017, 11:38:23 AM
  • anaconda: sdh tutup kah web ini
    March 30, 2017, 11:56:57 AM
  • anaconda: pada loit kli yach racer ind nie
    March 30, 2017, 11:55:50 AM
  • mg racer: pagiiiii, dah lama ga main kesini
    March 30, 2017, 07:13:43 AM
  • Saddam: Kopdarnya tiap hari apa min?
    February 10, 2017, 07:15:09 AM
  • hendra.bluesky: siang semuanya, mau cari discharger yang bagus untuk batre aa dmna yah, mohon bantuannya ,  trims
    October 28, 2016, 01:38:29 PM
  • wishnew7: Selamat malam
    October 25, 2016, 06:28:59 PM
  • zadark: Pagi All, mini RC kalau diganti koker inti feritnya supaya jarak jangkauannya lebih jauh gimana ya?
    August 15, 2016, 08:06:48 AM
  • The Big M: Pagiii...wah dah lama gak soan kemari
    August 12, 2016, 08:33:14 AM
  • mbohben: om toko rc di malang dimana ya yg recomended?
    July 23, 2016, 12:47:18 PM
  • dhetz: yang main shortcourse 1/10 EP daerah bsd dan sekitarnya absen dunk..biar bisa joinan bareng
    June 27, 2016, 01:42:42 PM
  • antpur: ada yang pernah pake ESC sanwa 308RZ atau yang ngerti setting ??
    June 18, 2016, 08:26:04 AM
  • lowenheart: agan2 yang ada di bandung.. perkenalkan ane dari bandung.. kita dulu komunitas di bandung maen heli (Persatuan Aeromodelling Bandung), sekarang kita kembali gabung buat bikin frame FPV Drone Racing.. sebenernya ini buatan kita asal bandung, dan udah pernah dipake balap di singapore dan juara jg... nama frame nya HiberNagen (hiber = terbang   nagen = diem) hehehehe... kalo yang mau coba main kita setiap hari kamis di Lapangan Udara Sulaiman Bandung. kita juga punya Drone OJEK yang dimana bisa di pinjemin plus dipinjemin google nya pake Fatshark. kita disini sebenernya bukan cari duit, tapi cari komunitas nya... web kita Hibernagen Official Website terus ada beberapa video oleh team pilot kita  https://www.youtube.com/watch?v=njo4chk0erw https://www.youtube.com/watch?v=4O8qolPOyjc https://www.youtube.com/watch?v=sCsdU9fs7Fk   ini frame asli buatan Indonesia... so kalo yang mau gabung sama kita bisa hub Nicky 08112035522
    April 24, 2016, 01:06:31 AM
  • azfani: harga brapa gan
    April 13, 2016, 12:16:02 PM
  • Rama aprilian s: Dsurabaya ada yang masi main rc adventure nda?
    February 16, 2016, 01:44:10 PM
  • irham: Yg punya transponder blh tawarin dong
    February 11, 2016, 10:06:35 PM
  • rednockp: member baru nih, kemarin liat orang main rc mobil, jadi kepengen
    February 11, 2016, 12:15:31 PM
  • B45Y4H: Sore RC'ers, udah lama berhenti main rc, sekarang kembali aktif lagi, pas liat" forum sepi banget ya, pemain lama pada kemana nih?
    February 04, 2016, 03:10:33 PM
  • eleazaar: siang gan bro.. kangen main RC nih. masih ada yang main rc rally ga ya di jakarta?
    January 04, 2016, 09:22:15 AM
  • GeZardous12: Malam GAN....Sebelumnya ane mau cerita dulu nih.....ane mainin quadcopter ane bentuknye small (MODEL WL TOYS V272).lalu ketika mencapai ketinggian max ane lost signal dan ketiup angin  :berdukas :berdukas :berdukas .lalu pertanyaanya ane lagi nyari model tersebut tetapi yg hanya menjual quadcopternya saja(ALIAS BNF)?.lalu jika tidak ada ane mau nanya apakah bisa transmitternya dipakai UTK QP model lain(2,4 GHz),kalau bisa bisa kasih link Olshopnya?....TERIMAKASIH (ini pertama kali ane nulis pertanyaan) (kalo bisa pm ya gan) :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss
    December 26, 2015, 11:16:30 PM
  • oktazul manroe: ada yg jual esc fe 60 amp seken g om low ada bisa sms 082367414492
    December 26, 2015, 03:25:39 PM
  • admin: enggak lah, pemainnya banyak yg baru juga, ramein semuanya dong
    December 24, 2015, 07:51:40 AM

* Who's Online

  • Dot Guests: 80
  • Dot Hidden: 0
  • Dot Users: 0

There aren't any users online.


Author Topic: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat engine, biaya fuel & busi)....  (Read 66346 times)

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #30 on: October 13, 2010, 01:44:55 PM »
Alo jg agan ..

Pertama bikin campuran FAI fuel (istilah org sana untuk campuran fuel 20% castor oil dan 80% methanol) secukupnya :

-> satu botol (terserah ukurannya) castor oil dicampur 4 botol methanol  trus kocok sampe nyampur. Jaga spy kontak dgn udara
luar sesedikit mungkin supaya nggak nyerap uap air ..

Trus campur FAI fuel tadi dgn fuel nitro 25% dgn hitungan sesuai kadar nitro yg diinginkan sbb :

--------------------
Misalnya punya fuel nitro 25% jumlah 100cc ingin diubah jadi kadar 10% nitro :

Hitungannya sbb :   0.1 =  25 : (100cc + X)      Maka didapat X = 150 cc

Sehingga 100cc fuel nitro 25%  di-oplos dgn 150cc fuel FAI ...
--------------------
Misalnya punya fuel nitro 25% jumlah 100cc ingin diubah jadi 5% nitro :

Hitungannya sbb :   0.05 =  25 : (100cc + X)     Maka didapat X = 400 cc

Shg 100cc fuel nitro 25%  di-oplos dgn 400cc fuel FAI ...

----------------------------------------------------
Bahan oplosan  :            .. banyak di toko kimia (Brataco dll ...) ..

-> Castor oil (olium riccini) beli yg KW-1 . ..bukan oli Castrol loh ..
-> Methanol beli yg KW-1 (supaya murni dan kadar airnya tidak ada) ..
----------------------------------------------------

Jangan lupa rasio kompressi di-tambah (tebal cincin head shim-nya dikurangi)

Patokannya kalo rasio kompresi sudah pas hasilnya putaran iddle bisa pelan dan tarikan mesin bagus dan suhu mesin nggak overheat ..

Kalo rasio kompresi terlalu tinggi -> bunyi mesin akan ngelitik/gemericik dan overheat ..awas piston & under head bisa keriting !!

Kalo rasio kompresi kurang hasilnya putaran iddle harus tinggi dan tarikan kurang dan mesin akhirnya juga akan over heat karena setelan akan terlalu di-lean untuk dapat tarikan yg ok.
-----------------------------------------
Rasio kompresi = (volume ruang bakar saat piston di posisi paling bawah) : (volume saat piston di paling atas).

Metoda yg dipakai : metoda geometric   (bukan metoda trapped volume yg cuman ngitung volume yg terperangkap saat piston pas nutup lubang exhaust) .

-> Volume cekungan/kubang ruang bakar hrs dihitung juga yach ..
------------------------------------------

Selamat ngegas gan ...

 
« Last Edit: October 18, 2010, 01:13:02 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline WILD KID

  • Newbie
  • *
  • Posts: 35
  • Reputation Power: 6
  • WILD KID has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #31 on: October 29, 2010, 03:40:59 PM »
@oliloid

wah Om tengkyu banget nanti biar ane praktekin nih.. hehehehe
oya klo pure methanol itu harganya brp ya?
Darat dan Udara harus di jelajahi
Xray T3,M05,mini-Z AWD, MT4,hitec Aurora 9, M8

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #32 on: November 01, 2010, 08:31:31 PM »

mungkin sekarang harga methanol (yg KW-1) seliter 15rb-an ....

Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #33 on: November 05, 2010, 06:46:12 PM »
Ini sharing pengalaman org sana yg pake fuel 0% nitro buat balapan buggy.
(link:  http://www.rcuniverse.com/forum/m_8829574/anchors_8859903/mpage_1/key_/anchor/tm.htm#8859903 )

Mobilnya body-nya warna hijau dgn pelek roda warna putih ... (mobilnya pertama tampak di detik ke 45) ..

Silahkan buka link youtube dibawah ini :


Dia nggak melihat bedanya performance mobil dia (yg pake 0% nitro) dgn mobil lain (yg rata2 pake 30% nitro) ...

Dia memang ngalami mati mesin tp itu krn selang presure bocor, busi yg jelek dan setelan yg kurang pas .. -> selebihnya sama saja performanya ...

Kalo buat kita2 ya nggak usah drastis pake 0% nitro lah ...  ambil aja jalan tengah misalnya 5% atau 10% nitro gitu ...
-> Caranya fuel branded 30% nitro lalu di perbanyak jadi 5% atau 10% nitro 

-> Keuntungan :  mesin awet (kadar oli bisa 20%) dan biaya fuel lebih murah ...

Gimana rekan2 ada tanggapan ....

------------------------------------------------------------------
E: 1/8 buggy on FAI fuel (0% nitro) -6/17/2009 9:30 PM   
Lille-bror
Posts: 233
Score: 100
Joined: 2/14/2008
Last Login: 5/31/2010
From: Frederikshavn, DENMARK

If there is someone who will have little information about my first race in Skanderborg/DK without nitro:
The engine ran very well for the free practise. Halfway into the timed practise the engine suddenly ran lean. 3 / 4 turn at HSN did not help a bit . The error was the 5 years old pressure tube, which was broken just after the pressure nipple on the exhaust. There was a risk that the glow plug has been damaged, but I chose to use it for classification + semi. I had only 1 extra glow plug (4 stroke), which I would prefer to save for the main final.
Just after the start of my semi-final, the engine flamed out at the end of the main straight. Into the pit and it started up just fine, and ran without problems 10 minutes on a tank full. About 2 minutes before the end of the semifinal, the engine died again - the glow plug was destroyed (due to the lean run in the timed practise). I am convinced that it was due to the bad glow plug, the engine died in the start of the semi.
In the main final the engine flamed out after the first pitstop (at 10 minutes) because of a little too rich LSN - entirely my fault. (If an engine is running with little or no nitro, it will be more sensitive on the needles than if you run with on for example. 25% nitro). After a little hassle in the pit, it was ready again (lost approx. 4 laps), and ran perfectly the rest of the final. After last pitstop (at 20 minutes), it should of course run the last 10 minutes plus complete the last lap, when time had passed. So I had to drive 10 minutes and approx. 35 seconds on the last tank full. There were approx. 2 ml of fuel left in the tank when I drove into the pit! . Could not be more perfect .

Overall I am very well satisfied with the fuel, and will NEVER run with nitro again.

Links to 2 videos from the main final. "My" car is the green one with white wheels - first seen at 0.45 in the first video.




No one could tell by the performance and top speed, that I drove without nitro. I hope, that there will be shared some videos from the main straight to prove it.

Addition: It must be said that I controlled how much fuel that could be in the tank + filter + fuel tube completely over to the carburator before the race: Exactly 125 ml. The reason why I could run +10 minutes on one tank of fuel was not because of a too big fuel capacity.

-----------------------------------------------------------------------
« Last Edit: November 06, 2010, 11:05:47 AM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline kula

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 252
  • Reputation Power: 6
  • kula has no influence.
  • Mbeeeekkk.....
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #34 on: November 06, 2010, 10:42:19 AM »
numpang tanya, kalo utk bersihin sisa castor oil yg nempel di engine n knalpot pake apa ya ?

dulu daku selalu pake fuel oplosan sendiri (tanpa nitro) utk pesawat + heli aeromodelling ku.

tapi kemudian beralih ke fuel branded (nitro 5%) semata2 hanya krn gak tahan dgn tampilan engine + knalpot yg jd coklat kehitam2an shg sgt tdk sedap dipandang.

mungkin kalo memang ada cara / cairan yg bisa dgn mudah melunturkan kerak itu, daku balik ngoplos lagi deh   :)
yoi..!!! Fun is all we need !!!


Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #35 on: November 06, 2010, 11:30:41 AM »
Kalo buat mbersihin sisa castor sy blm tau caranya uey .... 

Kl sy sih nggak ambil pusing soal itu hehe ...  Yg penting oli castor itu yg bikin mesin awet dibanding oli non-castor .. dan lebih murah lagi ...

Tapi sy pernah lihat org mbersihin engine pake ultrasonic bath (yg buat cuci arloji, perhiasan)  dgn cairan yg khusus utk itu .. dan hasilnya bersih banget ...

Kalo di Ace hardware, alat ultrasonic macam itu sekitar 450rb-an ... (Krisbow)
Kebetulan sy juga punya tapi nggak pernah sy pake buat mbersihin engine. Selama ini cuma dipake buat cuci piston-conrod sblm dikirim ....

Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline kula

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 252
  • Reputation Power: 6
  • kula has no influence.
  • Mbeeeekkk.....
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #36 on: November 06, 2010, 03:07:34 PM »
mslh nya bukan cuma di mesin + knalpot nya Om.

linkage2 swashplate di heli nya semua jd lengket n gak smooth lagi..

kalo di pesawat, fuselage nya jd lengket bgt n bikin debu2 nempel.

jd pesawat n heli kita tampilannya keliatan kumuh n kotor. sampe2 mo megang sendiri aja males..hehehe

tapi terlepas dari kendala itu, secara performance kalo di aero sich fuel oplosan sdh jamak sekali.

pengen coba utk buggy tp blm apa2 dah kebayang lengket nya, makanya jd ragu2 lagi..

yoi..!!! Fun is all we need !!!

Offline SayurBaLap

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputation Power: 18
  • SayurBaLap has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #37 on: November 09, 2010, 01:37:36 AM »
Duh ini topic dah mulai OOT arah bahasannya deh, mudah2an Om Momod en Mimin gak keberatan.

Kali ini saya akan coba bahas masalah racikan BBM RC engine dari sudut pandang saya dan pengalaman pribadi.
Dan hasilnya sih menurut saya tetep aja kalo dilihat dari rata2 dan kemudahan untuk tuning, fuel yang branded tuh jauh lebih mudah bagi kita untuk nyetel karburator, gampang ketemunya, soalnya internal combustion lebih stabil dan pembakaran lebih bagus.

Hal ini salah satunya adalah karena tingkat kemurnian dan "racikan" untuk masing2 brand pasti berbeda, mulai dari jenis pelumas yang digunakan (castor, sitetic oil atau mineral oil) semuanya pasti ada kelebihan dan kekurannya masing2.

Yang paling mudah adalah membandingkan hasil tune maksimal dan performace dari penggunaan jenis dan peruntukan fuel yang berbeda.
Misalnya penggunaan fuel yang sama2 16 persen yang khusus untuk pesawat dan 16 persen yang khusus untuk car engine pasti hasil performancenya bakal terasa berbeda.

Saya ngobrol dengan Steve "Daddy" Slayden (drivernya Traxxas) sekarang dia kerja untuk riset pengembangan fuel untuk car engine fuel di amrik.
Dia sendiri bilang kalo jenis dan cara pembuatan untuk metanol yang digunakan untuk keperluan masing2 jenis engine car atau flight berbeda banget, apalagi dengan jenis metanol yang digunakan dan dijual untuk keperluan industri.

Udah jelas sih dari kemurnian persentase metanol aja dah pasti beda, bahan kimia yang dicampurkan aja dah bakal beragam untuk efek easy tune and less flame out.

Makanya saya masih bingung, kalo saya pribadi sih BBM murah tapi mesin jebol (kalo piston mungkin selamet gara2 more castor oil, tapi conrod apa kabar euy?)
Soalnya harga engine khan jauh lebih mahal daripada BBMnya, duh... kalkulasi ulang lagi deh bro.

Sekedar bantu
numpang tanya, kalo utk bersihin sisa castor oil yg nempel di engine n knalpot pake apa ya ?

tapi kemudian beralih ke fuel branded (nitro 5%) semata2 hanya krn gak tahan dgn tampilan engine + knalpot yg jd coklat kehitam2an shg sgt tdk sedap dipandang.

mungkin kalo memang ada cara / cairan yg bisa dgn mudah melunturkan kerak itu, daku balik ngoplos lagi deh   :)

Saya bersihin kerak hitam dengan WD40, en kalo untuk bagian yang sebaiknya gak kena fuel (cat kadang ngelupas kalo kena fuel langsung) saya bersihin pake minyak kayu putih. Kalo kerak di dalam kenalpot saya bersihin dengan di rendam di minyak rem trus di scrub pake dremmel yang matanya pake kawat tembaga, trus gosok2 lagi deh pake sedikit metal polisher (prefer kit metal shine daripada autosol yang baunya kurang sedap)

pengen coba utk buggy tp blm apa2 dah kebayang lengket nya, makanya jd ragu2 lagi..

Perasaan dari pertama maen buggy saya gak pernah sampe lengket2 gitu deh gara2 asap ato residu dari asap knalpot. You will never know what is clean if you never know what dirty is.

Good luck, let's back to home made fuel for RC  ;D
:D Gas aja dulu, Rem sih ntar aja kalo inget :D

Offline kula

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 252
  • Reputation Power: 6
  • kula has no influence.
  • Mbeeeekkk.....
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #38 on: November 09, 2010, 10:12:20 AM »
menurutku gak melenceng kok Pak Om..  msh membahas seputaran pros n cons nya BBM racikan.

pak Om Sayur dah pernah pake BBM racikan sendiri Om ? yg pake Riccini oil.
residu pembakarannya ini lengket banget Om. beda sekali dgn residu fuel branded.

fuel utk aero atau pun RC car kalo dari pengamatan ku terutama perbedaan nya di oil content nya, utk aero rata2 oli nya 20%, kalo utk rc car kyk nya variatif tp mostly less than 20% (bahkan prnah liat yg less than 10%), tapi kalo bahan dasar nya msh sama2 methanol.






yoi..!!! Fun is all we need !!!

Offline SayurBaLap

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputation Power: 18
  • SayurBaLap has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #39 on: November 10, 2010, 02:19:28 AM »
pak Om Sayur dah pernah pake BBM racikan sendiri Om ? yg pake Riccini oil.
residu pembakarannya ini lengket banget Om. beda sekali dgn residu fuel branded.

Hahahah.. udah Pak masih pake Om juga  :D

Dulu juga saya sempet ngerasain mahalnya fuel branded makanya cari tau sana sini dan browsing gimana cara buat fuel yang lebih murah. Bahkan sampe akhirnya beli metanol yang beli di Bratacem utk industri sampe yang branded (kadar kemurniannya lebih tinggi).

Coba campur ini dan itu sampe puyeng pake gelas ukur bahkan berbagai jenis oli yang direkomend sampe oli Maxima sampe oli yang dipake untuk Motorcross SE juga dah pernah dicobain.
Hasilnya ada yang bisa nyampur dengan sempurna ke metanol ada yang malah menggumpal.

Bahkan pake oli yang biasa dipake pemain aeromodeling juga dah sampe merek ini dan itu juga dah pernah ngerasain, cuman bedanya kalo dulu beli Nitro masih boleh soalnya belom "musim" yang namanya teroris. Sekarang sih dah ga bisa tanpa izin khusus.

Hasilnya gak tau sih.. tapi masih kurang memuaskan dari titik performance, dan pernah karena takut cuman sugesti, coba mesin yang sama dengan fuel yang berbeda2. Hasilnya ternyata tetep aja terasa.
Bukan mau promosi, tapi menurut "taste" saya, fuel yang saya rasain rada bener tuh merek Tornado dan O'donnell. Residu di piston item banget dan busi cepet mati/redup, tapi performance en easy tuningnya kinclong banget.

fuel utk aero atau pun RC car kalo dari pengamatan ku terutama perbedaan nya di oil content nya, utk aero rata2 oli nya 20%, kalo utk rc car kyk nya variatif tp mostly less than 20% (bahkan prnah liat yg less than 10%), tapi kalo bahan dasar nya msh sama2 methanol.

Yup bener kok, perbedaan yang visible banget adalah konten dari oli kalo pake fuel yang diperuntukan car en flight engine. Kalo oli campuranya kebanyakan utk car engine ntar torq jadi berkurang en keseringan flame out, soalnya busi jadi terlalu dingin gara2 kena oli, terutama pas rpm mesin turun naik.

Kita berharap aja deh bro, mudah2an resep yang sebenarnya dibuka oleh para peracik fuel dan... kualitas metanol, oli castor yang beredar di Indonesia makin bagus konten kemurniannya. Soalnya handling disini (pas di toko) kadang buruk sekali.
:D Gas aja dulu, Rem sih ntar aja kalo inget :D


Offline kula

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 252
  • Reputation Power: 6
  • kula has no influence.
  • Mbeeeekkk.....
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #40 on: November 10, 2010, 09:46:57 AM »
Nah, kembali ke mslh tuning engine dgn fuel oplosan, apakah mempersempit ruang bakar saja sdh cukup ? Ataukah tetap hrs di barengi dgn penggantian busi ke type F (busi 4 stroke) ?
yoi..!!! Fun is all we need !!!

Offline baligila

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 287
  • Reputation Power: 7
  • baligila has no influence.
  • power is nothing without control
    • View Profile
    • a nice little balinese barbecue warung in Ubud
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #41 on: November 10, 2010, 05:11:14 PM »
Methanol gak ada beda om. Asal murni (99.99%). Caranya, beli sealed drum untuk keperluan laboratorium (nitip sama orang universitas paling sip), biasanya isinya 100L. Begitu dibuka, langsung campur semua dan masuk plastic container. Kalo buka-tutup jadi gak murni lg.

Oleum Riccini itu minyak jarak. Beli di apotek grade A (kwI) yang untuk konsumsi (cuci perut). Dijamin 'murni', manusia aja gak mati,hehe.. Murni disini artinya de-gum-ed. Dihilangkan (getah) yang membuat dia mudah menggumpal.

Yang membuat sifat fuel jadi gini - gitu adalah penambahan additive dan 'additive', bukan proses pembuatan methanol. Ada rust inhibitor, anti-foaming agent, ada juga sekadar cuap-cuap pabrikan :D methanol is methanol to start with.

Bedanya fuel aero dan surface, selain kadar nitro (dulunya semua jg ga ada pake nitro, mulainya di US, dan nitro jg cuma diproduksi di US secara besar2an), adalah kadar oli, dan mixture jenis oli. Synthetic, mineral, synthetic+mineral.

Kenapa fuel FAI olinya banyak? Sebab makin rendah nitro, makin lean settingan needle akhir. Makin lean, makin sedikit fuel masuk mesin per stroke, dan mesin 2-stroke sumber pelumasannya adalah dibawa bersama fuel :)

Supaya tidak 'sensitif' tuningnya, bisa dipake karbu2 yang taper needle-nya tidak extreme (Novarossi lama atau RB lama) biasanya thread needle-nya jg lbh halus.

Glowplug 'super hot' atau OS F (4stroke) dibutuhkan karena kita perlu timing pengapian lebih awal, sebab biasanya kompresi kurang tinggi untuk aplikasi FAI fuel (mesin buggy modern dirancang untuk pakai nitro semua). Kecuali kalo kita mau papas head-nya. Itu jg kalo memungkinkan dan bisa presisi.
Kalau tidak, ya timing pengapian dimajukan dengan busi yg range lebih 'hot'
Bisa juga diakali dengan menggunakan head button untuk busi standar di-tap jadi busi 'turbo'. Button standar biasanya kompresi lbh tinggi, tambah busi 'turbo', ruang bakar mengecil, sedikit.

Mudah2an bermanfaat
specialized in HPI Vorza & HotBodies D8

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #42 on: November 13, 2010, 10:19:41 AM »
mslh nya bukan cuma di mesin + knalpot nya Om.

linkage2 swashplate di heli nya semua jd lengket n gak smooth lagi..

kalo di pesawat, fuselage nya jd lengket bgt n bikin debu2 nempel.

jd pesawat n heli kita tampilannya keliatan kumuh n kotor. sampe2 mo megang sendiri aja males..hehehe

tapi terlepas dari kendala itu, secara performance kalo di aero sich fuel oplosan sdh jamak sekali..

pengen coba utk buggy tp blm apa2 dah kebayang lengket nya, makanya jd ragu2 lagi..

-> kelebihan castor oil drpd oli syntetic :
     -> suhu bakar lebih tinggi
     -> proteksi ke conrod, piston dll lebih unggul  (apalagi kalo setelan lean)

-> akibatnya krn 'survive' dlm tugasnya di dalam engine, castor oil menjadi "limbah" yg 'mengotori' lingkungan .. sedangkan
oli syntetic terbakar ..

-> kalo sy jadi pabrik pembuat fuel, mk kepentingan sy yg paling utama adalah menjaga image spy fuel sy tampak bersih nggak ngotori engine dll
(dgn oli syntetic) ...karena itu efek yg paling segera terlihat ... tapi sebetulnya dibalik itu umur mesin berkurang
(yg tdk segera terlihat) ... 

-> mesin buggy kerjanya bisa dibilang extreme :

      -> kadar nitro tinggi.. kadar oli rendah  (11%: syntetic + castor) ...
      -> mesin cenderung digeber2 ..
      -> torsi engine lebih besar dr engine2 lain (car/plane/boat)
      -> pendinginan seadanya ... kondisi berdebu ..
      -> makanya rata2 umur mesin buggy lebih pendek..
      -> kalo pake castor oil umur mesin bisa lebih awet maka efek samping (kotor.. lengket) adlh "harga"nya ..

-> dikembalikan ke individu masing2 :
     -> kalo nggak mau ribet2 beginian maka tinggal beli & pakai aja apa yg dijual pabrik  dgn konsekuensinya baik buruknya..
     -> sebaliknya cara diatas bisa jadi pilihan (jg dgn konsekuensi baik buruknya)
-> ada tanggapan om2 ?

« Last Edit: November 13, 2010, 10:46:53 AM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #43 on: November 13, 2010, 10:40:51 AM »
Nah, kembali ke mslh tuning engine dgn fuel oplosan, apakah mempersempit ruang bakar saja sdh cukup ? Ataukah tetap hrs di barengi dgn penggantian busi ke type F (busi 4 stroke) ?

Om cobain fuel oplosan yg 0%nitro dong :

-> Itungannya sdh pasti :  rasio kompresi dibikin 1 : 13.5 dan pake busi 4 stroke (type F)
-> Coba dilepas cincin shimnya dan dikalkulasi .. kalo msh kurang dr 13.5 berarti head kudu dibubut dikit ..

Kalo pake oplosan kadar nitro diatas 0% s/d 25% : rasio kompresi antara 13.5 s/d 9  dan masih bisa pake busi yg lebih dingin ..
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline kula

  • Sr. Member
  • ****
  • Posts: 252
  • Reputation Power: 6
  • kula has no influence.
  • Mbeeeekkk.....
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #44 on: November 13, 2010, 10:49:28 AM »
mksd ku oplosan yg 0% nitro Om..(FAI ?)

busi F ini ulir nya sama kyk busi biasa atau Turbo ?
yoi..!!! Fun is all we need !!!