June 25, 2018, 05:52:40 AM

collapse

Google Search

* Shoutbox

Refresh History
  • Dilarang jual beli di bagian Shoutbox, gunakan Pasar RC.
  • lowenheart: 1. Xray T4 2016 FULL HOOP UP - Servo Futaba BLS571SV - ESC ORCA VX3 with ORCA ALU FAN - Motor ORCA RX3 13.5T with WTF FAN - Receiver Futaba R304SB-E - Full Hoop up with Alu & Titanium  2. Xray NT1 2013 - Servo 2x Savox SB-2271SG - Motor NOVAROSSI Keep-On Tuned - My Laps Transporder - Receiver Futaba R304SB - Full Titan  3. Team Magic G4JR - Servo Savox 1251MG - Servo Savox 1252MG - Receiver Futaba R304SB  4. VBC FF Twelve - Servo KO Propo PDS-2345-ICS - Motor & ESC HOBBYWING Xerun 13,5T - Receiver Futaba R304SB-E - Hoop up HUDY  5. PAN CAR  - Servo Trackstar - ESC Trackstar One Cell Gen 2 - Moto Trackstar  6. Mchassis V2 - Servo Savox 1251 MG - Motor & ESC Hobbywing  - Receiver Futaba R304SB-E - Full Hoopup Tamiya - Mylaps Transporder  7. Futaba 4PX Full Hoop UP by HiroSeiko with LIPO  8. Hudy Setup System Touring 1/10 Complete Set  9. Bonus : - Starter Box Hard Racing - Tekin RS Pro with Orca RX2 10.5T - LRP 5800 MAH NEW - 2x LRP Shorty Lipo - Hyperion Charger EOS0606i - Turnigy 5800MAh
    June 01, 2018, 01:24:21 AM
  • apria suprastyo: samarinda
    March 08, 2018, 09:27:25 AM
  • Rezki: Komunitas rc karawang ada?
    January 18, 2018, 12:03:49 PM
  • marionaurora: komunitas boat di jogja ada ga yaa ?
    July 14, 2017, 09:15:26 AM
  • arifp056: komunitas rc drift di kudus apa ya? ada yang tau gag?
    July 10, 2017, 08:53:24 PM
  • RAGA: ada yang bisa review www.gintinghobbies. com
    April 26, 2017, 12:02:19 PM
  • CeCeNeT: hallo.... ada yang tau event race kapan dan dimana sekitar jakarta?
    April 20, 2017, 03:42:20 PM
  • azman: uda di jualain semua kitnya... jadi ga pernah mampir lagi
    April 18, 2017, 11:38:23 AM
  • anaconda: sdh tutup kah web ini
    March 30, 2017, 11:56:57 AM
  • anaconda: pada loit kli yach racer ind nie
    March 30, 2017, 11:55:50 AM
  • mg racer: pagiiiii, dah lama ga main kesini
    March 30, 2017, 07:13:43 AM
  • Saddam: Kopdarnya tiap hari apa min?
    February 10, 2017, 07:15:09 AM
  • hendra.bluesky: siang semuanya, mau cari discharger yang bagus untuk batre aa dmna yah, mohon bantuannya ,  trims
    October 28, 2016, 01:38:29 PM
  • wishnew7: Selamat malam
    October 25, 2016, 06:28:59 PM
  • zadark: Pagi All, mini RC kalau diganti koker inti feritnya supaya jarak jangkauannya lebih jauh gimana ya?
    August 15, 2016, 08:06:48 AM
  • The Big M: Pagiii...wah dah lama gak soan kemari
    August 12, 2016, 08:33:14 AM
  • mbohben: om toko rc di malang dimana ya yg recomended?
    July 23, 2016, 12:47:18 PM
  • dhetz: yang main shortcourse 1/10 EP daerah bsd dan sekitarnya absen dunk..biar bisa joinan bareng
    June 27, 2016, 01:42:42 PM
  • antpur: ada yang pernah pake ESC sanwa 308RZ atau yang ngerti setting ??
    June 18, 2016, 08:26:04 AM
  • lowenheart: agan2 yang ada di bandung.. perkenalkan ane dari bandung.. kita dulu komunitas di bandung maen heli (Persatuan Aeromodelling Bandung), sekarang kita kembali gabung buat bikin frame FPV Drone Racing.. sebenernya ini buatan kita asal bandung, dan udah pernah dipake balap di singapore dan juara jg... nama frame nya HiberNagen (hiber = terbang   nagen = diem) hehehehe... kalo yang mau coba main kita setiap hari kamis di Lapangan Udara Sulaiman Bandung. kita juga punya Drone OJEK yang dimana bisa di pinjemin plus dipinjemin google nya pake Fatshark. kita disini sebenernya bukan cari duit, tapi cari komunitas nya... web kita Hibernagen Official Website terus ada beberapa video oleh team pilot kita  https://www.youtube.com/watch?v=njo4chk0erw https://www.youtube.com/watch?v=4O8qolPOyjc https://www.youtube.com/watch?v=sCsdU9fs7Fk   ini frame asli buatan Indonesia... so kalo yang mau gabung sama kita bisa hub Nicky 08112035522
    April 24, 2016, 01:06:31 AM
  • azfani: harga brapa gan
    April 13, 2016, 12:16:02 PM
  • Rama aprilian s: Dsurabaya ada yang masi main rc adventure nda?
    February 16, 2016, 01:44:10 PM
  • irham: Yg punya transponder blh tawarin dong
    February 11, 2016, 10:06:35 PM
  • rednockp: member baru nih, kemarin liat orang main rc mobil, jadi kepengen
    February 11, 2016, 12:15:31 PM
  • B45Y4H: Sore RC'ers, udah lama berhenti main rc, sekarang kembali aktif lagi, pas liat" forum sepi banget ya, pemain lama pada kemana nih?
    February 04, 2016, 03:10:33 PM
  • eleazaar: siang gan bro.. kangen main RC nih. masih ada yang main rc rally ga ya di jakarta?
    January 04, 2016, 09:22:15 AM
  • GeZardous12: Malam GAN....Sebelumnya ane mau cerita dulu nih.....ane mainin quadcopter ane bentuknye small (MODEL WL TOYS V272).lalu ketika mencapai ketinggian max ane lost signal dan ketiup angin  :berdukas :berdukas :berdukas .lalu pertanyaanya ane lagi nyari model tersebut tetapi yg hanya menjual quadcopternya saja(ALIAS BNF)?.lalu jika tidak ada ane mau nanya apakah bisa transmitternya dipakai UTK QP model lain(2,4 GHz),kalau bisa bisa kasih link Olshopnya?....TERIMAKASIH (ini pertama kali ane nulis pertanyaan) (kalo bisa pm ya gan) :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss
    December 26, 2015, 11:16:30 PM
  • oktazul manroe: ada yg jual esc fe 60 amp seken g om low ada bisa sms 082367414492
    December 26, 2015, 03:25:39 PM
  • admin: enggak lah, pemainnya banyak yg baru juga, ramein semuanya dong
    December 24, 2015, 07:51:40 AM
  • azman: drone drone drone..   yg melata udah mulai sepi gara2 yg terbang2
    December 16, 2015, 09:10:25 PM

* Who's Online

  • Dot Guests: 32
  • Dot Hidden: 0
  • Dot Users: 0

There aren't any users online.


Author Topic: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat engine, biaya fuel & busi)....  (Read 63915 times)

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Alo om-om, agan-agan,

Mau lempar wacana nih om-om, agan-agan, …. bagaimana kalo kita meracik sendiri BBM buat engine RC (car/buggy) supaya hemat biaya fuel (& busi) dan engine lebih awet :

-> Kadar nitro dari fuel yg beredar dipasaran umumnya 25% dan 30%  (terlalu tinggi?)
-> Menurut info, engine RC (car/buggy) umumnya dibuat untuk kadar nitro tinggi (25-30%) karena tuntutan konsumen di USA (pasar terbesar) dimana disana harga nitro jauh lebih murah.

-> Faktanya dengan kadar nitro 0 %, engine RC buggy (yg sdh di sesuaikan rasio kompressinya) bisa running dengan performance yg bagus dan nggak kalah dgn yg pakai nitro 30% :
-> Sudah dicoba balapan oleh Buggy RC-ers di Aussie dan di Europe …  -> Nggak bisa dibedakan tuh mana yg pake nitro 30% dan mana yg nitro 0% !!!

-> Lihat video balapannya di bawah ini (Youtube)...

-> Lagian untuk balapan buggy, tenaga engine bukan faktor utama karena sifat track buggy yg low traction ….

-> Mungkin kita nggak usah terlalu drastis turun dari nitro 30% ke 0%.   Misalnya kita turunkan dari 30% nitro ke 10% nitro. Caranya dengan mencampur sendiri dengan methanol dan castor oil (tersedia di toko kimia).

-> Sehingga dari satu botol fuel nitro 30% bisa didapat 3 botol fuel nitro 10%. Sekilas penghematannya lebih dari lumayan kan ??
-> Apalagi kalo dibikin jadi nito 5% … satu liter nitro 30% bisa dibikin jadi 6 liter nitro 5% !!

-> Keuntungan meracik sendiri fuel (dgn kadar nitro yg jauh lebih rendah) :

-> Power engine bisa menyamai yg pakai nitro 25%  (asalkan rasio kompressi disesuaikan -> nggak susah ..)
-> Lebih irit fuel :  satu tangki bisa 8 menit (dibandingkan 6 menit utk nitro 25%)
-> (Jauh) lebih hemat ongkos fuel ...
-> Hemat pemakaian glow-plug/busi (katanya bisa tahan 40 jam racing)
-> Mesin lebih awet (kadar castor oil : 20%) : sy sering liat conrod/piston yg jebol walaupun pake engine branded .. (kadar oli 10% - 12%) ..

-> Dengan begitu, entry barrier jadi lebih rendah untuk newbie yg lagi mikir2 mau nyemplung ke RC (engine) karena harga fuel pabrikan yg lumayan "meng-intimidasi"  hehehe

-> Kalo buat sy, ini bukan sekedar biaya yg lebih rendah. Tapi berusaha gimana supaya bikin engine lebih efisien, tidak terlalu tergantung maunya pabrik,  gimana spy proporsional .. (yach namanya juga ngoprek hobby...).

-> Gimana nih om-om, mohon tanggapan-nya ….

Tq Oliloid

------------------------------------------------------
-> Cttn:  Kadar castor oil lebih tinggi (20%) nggak bikin engine running terlalu lean/kurang power/dsb ... krn logikanya yg terbakar kan methanolnya (oli tdk terbakar) shg otomatis si driver akan "terpaksa" mengatur ulang setelan needle-nya ... 
... Dgn kata lain, yg di atur adalah seberapa banyak aliran methanol-nya (yg bisa terbakar), sedangkan aliran oli-nya (yg tdk terbakar) hanya "numpang" aliran methanolnya saja ...   
Tull nggak ..  ;D
-----------------------------------------------------
Cara ngoplos :

Pertama bikin campuran FAI fuel (istilah org sana untuk campuran fuel 20% castor oil dan 80% methanol) secukupnya :

-> satu botol (terserah ukurannya) castor oil dicampur 4 botol methanol  trus kocok sampe nyampur. Jaga spy kontak dgn udara
luar sesedikit mungkin supaya nggak nyerap uap air ..

Trus campur FAI fuel tadi dgn fuel nitro 25% dgn hitungan sesuai kadar nitro yg diinginkan sbb :

--------------------
Misalnya punya fuel nitro 25% jumlah 100cc ingin diubah jadi kadar 10% nitro :

Hitungannya sbb :   0.1 =  25 : (100cc + X)      Maka didapat X = 150 cc

Sehingga 100cc fuel nitro 25%  di-oplos dgn 150cc fuel FAI ...
--------------------
Misalnya punya fuel nitro 25% jumlah 100cc ingin diubah jadi 5% nitro :

Hitungannya sbb :   0.05 =  25 : (100cc + X)     Maka didapat X = 400 cc

Shg 100cc fuel nitro 25%  di-oplos dgn 400cc fuel FAI ...

----------------------------------------------------
Bahan oplosan  :            .. banyak di toko kimia (Brataco dll ...) ..

-> Castor oil (olium riccini) beli yg KW-1 . ..bukan oli Castrol loh ..
-> Methanol beli yg KW-1 (supaya murni dan kadar airnya tidak ada) ..
----------------------------------------------------

Rasio kompresi = (volume ruang bakar saat piston di posisi paling bawah) : (volume saat piston di paling atas).

Metoda yg dipakai : metoda geometric   (bukan metoda trapped volume yg cuman ngitung volume yg terperangkap saat piston pas nutup lubang exhaust)
------------------------------------------------------

-> Postingan di youtube.com : perbandingan buggy RC yg pakai 0% dan 25% nitro :

     

-> Yg pake 25% nitro fuel dan yg pake 0% nitro fuel hasilnya bisa dibilang sama aja …

-----------------------------------------------------
-> Postingan di youtube.com tentang buggy RC yg pakai 0% nitro :


----------------------------------------------------

-> Postingan di RCuniverse.com ttg sharing pengalaman org sana yg pake fuel 0% nitro buat balapan buggy.
(link:  http://www.rcuniverse.com/forum/m_8829574/anchors_8859903/mpage_1/key_/anchor/tm.htm#8859903 )

Mobilnya body-nya warna hijau dgn pelek roda warna putih ... (mobilnya pertama tampak di detik ke 45) ..

Videonya :   


Dia nggak melihat bedanya performance mobil dia (yg pake 0% nitro) dgn mobil lain (yg rata2 pake 30% nitro) ...

Dia memang ngalami mati mesin tp itu krn busi yg jelek dan setelan yg kurang pas ..

Kalo buat kita2 ya nggak usah drastis pake 0% nitro lah ...  ambil aja jalan tengah misalnya 5% atau 10% nitro gitu ...

Gimana rekan2 ada tanggapan ....
---------------------------------------------------

Patokannya kalo rasio kompresi sudah pas hasilnya putaran iddle bisa pelan dan tarikan mesin bagus (lihat video youtube diatas..) dan suhu mesin nggak overheat ..

Kalo rasio kompresi terlalu tinggi -> bunyi mesin akan ngelitik/gemericik dan overheat ..awas piston & under head bisa keriting !!

Kalo rasio kompresi kurang hasilnya putaran iddle harus tinggi dan tarikan kurang dan mesin akhirnya juga akan over heat karena setelan akan terlalu di-lean untuk dapat tarikan yg ok.
-----------------------------------------
Rasio kompresi = (volume ruang bakar saat piston di posisi paling bawah) : (volume saat piston di paling atas).

Metoda yg dipakai : metoda geometric   (bukan metoda trapped volume yg cuman ngitung volume yg terperangkap saat piston pas nutup lubang exhaust) .

-> Volume cekungan/kubah ruang bakar hrs dihitung juga yach .. (pake selang infus ditetesin minyak tanah trus diukur brapa panjang abisnya ..)
------------------------------------------

-> Kalo dikota kecil mungkin nggak ada toko kimia yg jual castor oil (oleum riccini) .. tp denger2 bisa pake oli Castrol M yg berbahan dasar castor :
http://www.castrol.com/castrol/sectiongenericarticle.do?categoryId=9014107&contentId=7027099

-> Diskusi di rcuniverse ttg Castor M atau sejenisnya :
http://www.rcuniverse.com/forum/Is_Castrol_M_the_same_as_degummed_racing_castor_oil%25%3F%3F%3F/m_2348643/tm.htm

Ini namanya "oplosan terpaksa" ...  daripada nggak ada unsur pelumasnya sama sekali  :D
« Last Edit: April 07, 2011, 01:33:23 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline berzx

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 124
  • Reputation Power: 4
  • berzx has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #1 on: July 14, 2010, 01:40:42 PM »
menarik sekali om...
ada yg kurang jelas, kalau nitronya diturunkan, kompresinya dinaikan/diturunkan? apa cukup ganti ringnya saja? hitungannya gimana? thanks...

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #2 on: July 14, 2010, 01:59:50 PM »
Iya om, kalo nitro diturunkan, rasio kompresi harap dinaikkan ..

Umumnya cukup dgn mengurangi ketebalan ring head shim ..

Bagusnya di ukur pake sigmat digital dan di kalkulasi dulu di atas kertas supaya bisa "langsung" dapet setingan yg di-inginkan ...

Rasio kompresi = (volume ruang bakar saat piston di paling bawah) : (volume saat piston di paling atas).

Kalo nggak kekejar dgn ngurangi head shim, berarti dudukan busi kudu dibubut dikit ...

Kalo mau coba yg nitro 0%, rasio kompresinya dibikin jadi 1 : 13.5   

menarik sekali om...
ada yg kurang jelas, kalau nitronya diturunkan, kompresinya dinaikan/diturunkan? apa cukup ganti ringnya saja? hitungannya gimana? thanks...
« Last Edit: October 18, 2010, 12:34:35 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #3 on: July 14, 2010, 04:37:50 PM »
Postingan di www.rcuniverse.com tentang kelebihan 0% nitro fuel :
-> Kalo buat kita mungkin pakai yg 10% nitro aja spy nggak terlalu drastis turun-nya (dari 30% nitro)

--------------------------------------------------------------------

RE: Nitro %'s - 6/10/2008 3:25 AM   

downunder

Posts:3856
Score: 105
Joined: 10/10/2002
Last Login: 7/14/2010
From: Adelaide, AUSTRALIA

quote:

ORIGINAL: Fuelman
If you were to take out the head shims and retune the engine, those of you that have been running 30% could easily run 20% or LESS.

Here's some of the benefit of using less nitro:
The same or better power once shims removed and retuned
More runtime pertank
Costs a lot less.
Easier on plugs

Agreed, and having gone to the extreme of removing shims (except for the thinnest       one to keep a good seal) and then machining the head button to raise compression even further we run our engine onZEROnitro.

Power is identical to similar car/engine using 25% nitro.
Tank gives 8 minutes compared to 6.
Fuel is obviously cheaper considering we make it ourselves.
One plug was changed in 40 hours of racing.


----------------------------------------------------------------
« Last Edit: July 14, 2010, 04:42:22 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline pro2drift

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Reputation Power: 5
  • pro2drift has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #4 on: July 14, 2010, 09:31:40 PM »
klo pengalaman sy sih....om oliloid ada benernya juga, karna sy pernah coba, dr yg nitro 30% di oplos jd 15% + castor oil, klo masalah power emang hampir ga ad bedanya, tp di tempeatur engine yg beda, dengan durasi main yg sama...yg nitro 30% lebih dingin di banding yg 15%... 15% lebih panas sktr 15-20c, emng lebih irit ke kantong....jadi balik lg ke individu masing2...pengen irit ato boros....


salam kenal om oliloid...


Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #5 on: July 14, 2010, 10:03:12 PM »
Lam kenal jug om Pro2drift ..

Kalo tempratur pasti beda karena yg fuel tanpa nitro harus lebih lean supaya pembakaran optimal. Mangkanya run-time per-tangki bisa lebih panjang ...
Mangkanya juga kadar olinya harus ditambah (total 20%).

Tapi tempratur kan bukan jadi masalah. Yg penting lubrikasi-nya ...

Tempratur yg lebih tinggi malah bikin silinder bisa lebih memuai dan bikin piston jadi lebih awet (gesekan berkurang)

Dugaan sy waktu itu engine-nya nggak dinaikkan rasio kompresinya ya om ??

Kalo rasio kompresi nggak dinaikkan, efisiensi pembakaran rendah, konsekuensinya setelan fuel hrs lebih di kurusin supaya dapat tenaga yg sama ... Jadinya lebih panas ...


klo pengalaman sy sih....om oliloid ada benernya juga, karna sy pernah coba, dr yg nitro 30% di oplos jd 15% + castor oil, klo masalah power emang hampir ga ad bedanya, tp di tempeatur engine yg beda, dengan durasi main yg sama...yg nitro 30% lebih dingin di banding yg 15%... 15% lebih panas sktr 15-20c, emng lebih irit ke kantong....jadi balik lg ke individu masing2...pengen irit ato boros....


salam kenal om oliloid...
« Last Edit: July 14, 2010, 10:07:44 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline pro2drift

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 134
  • Reputation Power: 5
  • pro2drift has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #6 on: July 14, 2010, 10:22:35 PM »
Lam kenal jug om Pro2drift ..

Kalo tempratur pasti beda karena yg fuel tanpa nitro harus lebih lean supaya pembakaran optimal. Mangkanya run-time per-tangki bisa lebih panjang ...
Mangkanya juga kadar olinya harus ditambah (total 20%).

Tapi tempratur kan bukan jadi masalah. Yg penting lubrikasi-nya ...

Tempratur yg lebih tinggi malah bikin silinder bisa lebih memuai dan bikin piston jadi lebih awet (gesekan berkurang)

Dugaan sy waktu itu engine-nya nggak dinaikkan rasio kompresinya ya om ??

Kalo rasio kompresi nggak dinaikkan, efisiensi pembakaran rendah, konsekuensinya setelan fuel hrs lebih di kurusin supaya dapat tenaga yg sama ... Jadinya lebih panas ...


klo pengalaman sy sih....om oliloid ada benernya juga, karna sy pernah coba, dr yg nitro 30% di oplos jd 15% + castor oil, klo masalah power emang hampir ga ad bedanya, tp di tempeatur engine yg beda, dengan durasi main yg sama...yg nitro 30% lebih dingin di banding yg 15%... 15% lebih panas sktr 15-20c, emng lebih irit ke kantong....jadi balik lg ke individu masing2...pengen irit ato boros....


salam kenal om oliloid...


bener jg kali kali ya....tp sy ud kurangi sim yg ad di silinder cupnya(dikurangi 1sim)....ap itu yg di maksud menaikan rasio kompresi...? . klo masalah castor oil, yg ad di toko kimia ad berapa jenis castor oil sih...?. trs masalah ngoplosnya, 20% dr mana ngitungnya.....thx

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #7 on: July 14, 2010, 10:44:53 PM »
Lam kenal jug om Pro2drift ..

Kalo tempratur pasti beda karena yg fuel tanpa nitro harus lebih lean supaya pembakaran optimal. Mangkanya run-time per-tangki bisa lebih panjang ...
Mangkanya juga kadar olinya harus ditambah (total 20%).

Tapi tempratur kan bukan jadi masalah. Yg penting lubrikasi-nya ...

Tempratur yg lebih tinggi malah bikin silinder bisa lebih memuai dan bikin piston jadi lebih awet (gesekan berkurang)

Dugaan sy waktu itu engine-nya nggak dinaikkan rasio kompresinya ya om ??

Kalo rasio kompresi nggak dinaikkan, efisiensi pembakaran rendah, konsekuensinya setelan fuel hrs lebih di kurusin supaya dapat tenaga yg sama ... Jadinya lebih panas ...


klo pengalaman sy sih....om oliloid ada benernya juga, karna sy pernah coba, dr yg nitro 30% di oplos jd 15% + castor oil, klo masalah power emang hampir ga ad bedanya, tp di tempeatur engine yg beda, dengan durasi main yg sama...yg nitro 30% lebih dingin di banding yg 15%... 15% lebih panas sktr 15-20c, emng lebih irit ke kantong....jadi balik lg ke individu masing2...pengen irit ato boros....


salam kenal om oliloid...


bener jg kali kali ya....tp sy ud kurangi sim yg ad di silinder cupnya(dikurangi 1sim)....ap itu yg di maksud menaikan rasio kompresi...? . klo masalah castor oil, yg ad di toko kimia ad berapa jenis castor oil sih...?. trs masalah ngoplosnya, 20% dr mana ngitungnya.....thx

Tul om cara plg gampang kurangin head shimnya. Tp kudu dikalkulasi dulu spy bagus hasilnya.
Idealnya dibubut dikit kepala silindernya (nggak susah..) spy hasilnya bagus ..
Utk nitro 0%, rasio kompresi dibikin 1 : 13.5  (ngitungnya persis spt hitungan engine mobil sungguhan)

Kalo castor cari aja yg KW1

Angka 20% kandungan oli (80% methanol) menurut standard international (FAI fuel).
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline T-600N

  • Jr. Member
  • **
  • Posts: 68
  • Reputation Power: 0
  • T-600N has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #8 on: July 15, 2010, 01:58:44 AM »
Salam kenal Om Oliloid,
Saya newbie,Om..mohon maaf sebelumnya kalo pertanyaan saya terdengar sangat basic sekali.Kebetulan saya sedang meng-explore engine standart saya.
Sekedar intro saja dari saya...saya menggunakan Truggy dg engine standartnya..NX26(CEN racing)...yah, sekitar 4.3cc..
air filter telah saya ganti ke double stage filters..ketebalan shim masi standart, menggunakan glow plug OS 8...
Untuk sekedar info, sebelumnya saya mengalami busi putus beberapa kali..dan filamen busi berkerak tebal..hingga akhirnya saya melakukan tuning pada needle yg berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya fuel yang masuk ke engine, setelah ber-main2 cukup lama dg hi-speed needle dan low speed needle yg tidak memberikan hasil yg memuaskan,akhirnya setting up dua needle ini saya kembalikan sesuai dg rekomendasi pabrik.
Dengan pengaturan needle yg berfungsi utk menentukan seberapa banyak aliran fuel ke engine, hasilnya cukup memberikan perbedaan yg berarti dimana, dg menggunakan busi OS 8 yg nota bene ber-filamen lebih tipis dr OS 5 atopun Picco-7, ternyata busi lebi lebih awet dan lebih bersih, temperatur engine belum saya ukur secara pasti, namun untuk sementara ini saya rasa Engine telah mencapai suhu operasionalnya, hanya saja untuk kedepannya saya akan mempelajari soal langsam tuning dan seberapa banyak fuel supply yg masuk ke dalam engine sesuai dg kondisi track yg akan digunakan.

Pembahasan mengenai fuel dan komponen di dalamnya menjadi sangat menarik buat saya saat muncul topik ini.Saya telusuri (setelah mengalami kebingungan..)bahwa fuel dr nitro engine ini meliputi 3 bagian yaitu :

1.Nitromethane(Nitro)
Nitro tidak bersifat terbakar, namun membantu proses pembakaran dalam engine menjadi lebih cepat, karena secara kimiawi, Nitro memiliki komponen yg membawa Oksigen lebih banyak untuk melakukan pembakaran dalam engine.

2.Methanol
Methanol justru memberikan intercooling effect pada saat terjadi mix antara udara/fuel, diharapkan temperatur engine lebih terjaga, lebih banyak oksigen yg terlibat dlm proses pembakaran dan power yg didapatkan dr engine akan menjadi lebih optimal lagi

3.Oil
Oil secara umum berfungsi sbg pelumas komponen2 Engine. Ada yg terbuat dr bahan synthethic ato dari tumbuhan(Castor Oil).
Castor oil memberikan keuntungan dan juga masalah. Keuntungannya, Castor oil jika dipanaskan secara terus menerus akan terpecah secara kimiawi, artinya saat engine mencapai suhu operationalnya, castor oil akan memberikan pelumasan yg sangat optimal dan membentuk lapisan film pd komponen2 dlm engine,sehingga lebih melindungi tiap komponen engine. Hanya saja, castor oil bisa menghasilkan lapisan yg sangat kental,sehingga dg kata lain terjadi pembentukan residu di dalam engine.
Synthethic Oil, justru lebih mudah terpecah dan akhirnya terbakar habis begitu saja tanpa meninggalkan lapisan film pada komponen2 dlm engine, hanya saja perlindungan yg diberikan oleh syhthethic oil terhadap komponen engine menjadi lebih rendah daripada castor oil, krn synthethic oil benar2 terbakar habis tanpa sisa.

Dari temuan info yg saya temukan di atas..yg menjadi pertanyaan saya adalah :
1.Dlm pengoplosan fuel ini kita cenderung utk mengurangi prosentase Nitro bahkan menghilangkannya (0% Nitro), lalu bagaimana memperoleh tambahan Oksigen dlm proses pembakaran dlm engine? sedangkan nitro dibutuhkan utk menarik oksigen lebih banyak saat terjadi pembakaran

2.Nampaknya, Castor Oil akan menjadi pilihan sbg pelumas..bagaimana utk mengatasi ato mengendalikan residu yg dihasilkan oleh castor oil ini?..

3.Sepertinya, dlm pengoplosan fuel ini, maka fuel pada akhirnya akan terbentuk dari 2 komponen saja, yaitu methanol dan oil, benar ato salah?..mohon koreksinya,Om...
Lalu dimana komponen yg akan memberikan kontribusi dlm proses pembakaran?...karena menurut yg saya pahami saat ini, methanol lebih bersifat mendinginkan dan oil berfungsi sebagai pelumas....

Mohon pencerahannya..dan terima kasih sebelumnya..

salam,
Arief
« Last Edit: July 15, 2010, 03:32:01 AM by T-600N »

Offline superhelmy

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 853
  • Reputation Power: 7
  • superhelmy has no influence.
    • View Profile
    • http://www.jualrc.com
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #9 on: July 15, 2010, 11:15:09 AM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????



Offline kaka

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 2213
  • Reputation Power: 56
  • kaka is on the verge of being accepted.kaka is on the verge of being accepted.kaka is on the verge of being accepted.kaka is on the verge of being accepted.kaka is on the verge of being accepted.
  • Team-C Jakarta
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #10 on: July 15, 2010, 01:55:38 PM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????



Daftar Oom...utk jadi tester.
Team-C, OS Speed, Futaba 4PK (with ASF mini-z inside)

Offline oliloid

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputation Power: 9
  • oliloid has no influence.
  • no nitro engine .....no RC hobby
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #11 on: July 15, 2010, 02:14:28 PM »
Lam kenal juga om ….  Sy coba jawab dan kalo ada yg salah tolong para pakar kasi koreksi yach …   - tq Oliloid ...

---------------------------------
Salam kenal Om Oliloid,
Saya newbie,Om..mohon maaf sebelumnya kalo pertanyaan saya terdengar sangat basic sekali.Kebetulan saya sedang meng-explore engine standart saya.
Sekedar intro saja dari saya...saya menggunakan Truggy dg engine standartnya..NX26(CEN racing)...yah, sekitar 4.3cc..
air filter telah saya ganti ke double stage filters..ketebalan shim masi standart, menggunakan glow plug OS 8...
Untuk sekedar info, sebelumnya saya mengalami busi putus beberapa kali..dan filamen busi berkerak tebal..hingga akhirnya saya melakukan tuning pada needle yg berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya fuel yang masuk ke engine, setelah ber-main2 cukup lama dg hi-speed needle dan low speed needle yg tidak memberikan hasil yg memuaskan,akhirnya setting up dua needle ini saya kembalikan sesuai dg rekomendasi pabrik.

Dengan pengaturan needle yg berfungsi utk menentukan seberapa banyak aliran fuel ke engine, hasilnya cukup memberikan perbedaan yg berarti dimana, dg menggunakan busi OS 8 yg nota bene ber-filamen lebih tipis dr OS 5 atopun Picco-7, ternyata busi lebi lebih awet dan lebih bersih, temperatur engine belum saya ukur secara pasti, namun untuk sementara ini saya rasa Engine telah mencapai suhu operasionalnya, hanya saja untuk kedepannya saya akan mempelajari soal langsam tuning dan seberapa banyak fuel supply yg masuk ke dalam engine sesuai dg kondisi track yg akan digunakan.

------------------------------
-> Rasio kompresi baiknya dicek:  Kalo kurang akibatnya iddle-nya jadi jelek, power kurang maksimal … kalo berlebih, busi cepet rusak dan piston-conrod jadi keriting ...
------------------------------

Pembahasan mengenai fuel dan komponen di dalamnya menjadi sangat menarik buat saya saat muncul topik ini.Saya telusuri (setelah mengalami kebingungan..)bahwa fuel dr nitro engine ini meliputi 3 bagian yaitu :

1.Nitromethane(Nitro)
Nitro tidak bersifat terbakar, namun membantu proses pembakaran dalam engine menjadi lebih cepat, karena secara kimiawi, Nitro memiliki komponen yg membawa Oksigen lebih banyak untuk melakukan pembakaran dalam engine.

--------------------------
-> Betul om, kalo tanpa nitro (hanya methanol + oli) perbandingan fuel & udara  kira-kira 1 : 6.5  (supaya pembakaran optimal) .

-> Kalo fuel dicampur zat nitro ,  perbandingan fuel & udara kira-kira 1 : 2.5  (supaya pembakaran optimal) .

-> So dari data di atas jelas bhw dgn campuran zat nitro, debit  fuel yg dibakar bisa jauh lebih banyak ….

….tapiiiiii ….kelemahan zat nitro adalah tidak tahan rasio kompresi tinggi  (yg jadi syarat efisiensi pembakaran dan output tenaga)

-> Sehingga disini ada kontradiksi …. :

   ->  Bhw di satu sisi bisa dibakar lebih banyak fuel (yg dicampur nitro)  dengan "harapan" power output lebih besar..

   -> Tapi di sisi lain rasio kompresi harus diturunkan (untuk mencegah detonasi) yg berakibat power berkurang ..

        -> Sehingga tampaknya ada pemborosan sia-sia disini ....  Ada pakar yg punya pendapat lain ??

-----------------------------

2.Methanol
Methanol justru memberikan intercooling effect pada saat terjadi mix antara udara/fuel, diharapkan temperatur engine lebih terjaga, lebih banyak oksigen yg terlibat dlm proses pembakaran dan power yg didapatkan dr engine akan menjadi lebih optimal lagi

3.Oil
Oil secara umum berfungsi sbg pelumas komponen2 Engine. Ada yg terbuat dr bahan synthethic ato dari tumbuhan(Castor Oil).
Castor oil memberikan keuntungan dan juga masalah. Keuntungannya, Castor oil jika dipanaskan secara terus menerus akan terpecah secara kimiawi, artinya saat engine mencapai suhu operationalnya, castor oil akan memberikan pelumasan yg sangat optimal dan membentuk lapisan film pd komponen2 dlm engine,sehingga lebih melindungi tiap komponen engine. Hanya saja, castor oil bisa menghasilkan lapisan yg sangat kental,sehingga dg kata lain terjadi pembentukan residu di dalam engine.
Synthethic Oil, justru lebih mudah terpecah dan akhirnya terbakar habis begitu saja tanpa meninggalkan lapisan film pada komponen2 dlm engine, hanya saja perlindungan yg diberikan oleh syhthethic oil terhadap komponen engine menjadi lebih rendah daripada castor oil, krn synthethic oil benar2 terbakar habis tanpa sisa.

--------------------
-> Ya betul om memang begitu infonya. Kalo menurut modeler di luar, castor oil lebih unggul dibanding syntetic oil baik dr segi harga maupun performance-nya.   

-> Kalo soal residu buat sy sih nggak masalah.  Kalo sy milih engine awet (walaupun agak belepotan sisa oli castor) drpd bersih tapi engine cepat rusak ...

-> Apalagi yg suka main RC buggy… apa artinya kotoran residu dibanding kotoran lumpur/tanah … hehehe ...

-> Diluar sana, para aeromodeller (pesawat) sudah secara baku pake fuel FAI  (20% castor + 80% methanol) …. Harusnya mereka yg paling komplain soal residu castor oil yg bisa nempel dibadan pesawat dst … tapi nyatanya kan mereka hanya pakai castor oil …

-------------------------

Dari temuan info yg saya temukan di atas..yg menjadi pertanyaan saya adalah :
1.Dlm pengoplosan fuel ini kita cenderung utk mengurangi prosentase Nitro bahkan menghilangkannya (0% Nitro), lalu bagaimana memperoleh tambahan Oksigen dlm proses pembakaran dlm engine? sedangkan nitro dibutuhkan utk menarik oksigen lebih banyak saat terjadi pembakaran

------------------------
-> Memang betul bhw dgn 0% nitro, engine bisa perform sangat baik.
-> Tapi sy lebih milih mengencerkan fuel nitro pabrikan hingga kadar tertentu (misal 10% atau 5%) dgn pertimbangan bisa memakai busi yg  lebih cold (filamen lebih tebal dan lebih tahan lama) ….

-----------------------

2.Nampaknya, Castor Oil akan menjadi pilihan sbg pelumas..bagaimana utk mengatasi ato mengendalikan residu yg dihasilkan oleh castor oil ini?..

--------------------------------
-> Ngulagi jawaban di atas :

-> Kalo soal residu buat sy sih nggak masalah.  Kalo sy milih engine awet (walaupun agak belepotan sisa oli castor) drpd bersih tapi engine cepat rusak ...

-> Apalagi yg suka main RC buggy… apa artinya kotoran residu dibanding kotoran lumpur/tanah … hehehe ...

-> Diluar sana, para aeromodeller (pesawat) sudah secara baku pake fuel FAI  (20% castor + 80% methanol) …. Harusnya mereka yg paling komplain soal residu castor oil yg bisa nempel dibadan pesawat dst … tapi nyatanya kan mereka hanya pakai castor oil …

------------------------------

3.Sepertinya, dlm pengoplosan fuel ini, maka fuel pada akhirnya akan terbentuk dari 2 komponen saja, yaitu methanol dan oil, benar ato salah?..mohon koreksinya,Om...

------------------------------
-> Kalo mau nitro 0% ya memang hanya methanol dan castor oil aja .. 

-> Kalo mau kandungan nitro tertentu ya tinggal di campur aja fuel 25% nitro dgn campuran 0% tadi ...

-----------------------------

Lalu dimana komponen yg akan memberikan kontribusi dlm proses pembakaran?...karena menurut yg saya pahami saat ini, methanol lebih bersifat mendinginkan dan oil berfungsi sebagai pelumas....

----------------------------
-> Methanol justru merupakan sumber tenaga yg lebih efisien daripada nitro ...
-> Methanol ibarat-nya sama dengan pertamax-plus (yg dipakai mesin performance dgn rasio kompresi tinggi)
-> Nitro ibaratnya sama dengan premium (yg dipakai mesin sehari-hari dgn rasio kompresi rendah)

---------------------------
Mohon pencerahannya..dan terima kasih sebelumnya..

salam,
Arief

« Last Edit: July 15, 2010, 02:20:40 PM by oliloid »
Oliloid
**no nitro engine ..no RC hobby ....**

Offline superhelmy

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 853
  • Reputation Power: 7
  • superhelmy has no influence.
    • View Profile
    • http://www.jualrc.com
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #12 on: July 15, 2010, 04:35:11 PM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????



Daftar Oom...utk jadi tester.


Siap Om Kaka Pasti akan di tester dulu sebelum pesen Om.... bocoran dikit nih harga kira2nya

Fuel  25% for Racing and Buggy   3 Liters   6/ctn    US$20.90/3lt

Oh iya  Om Kaka FYI Engine GO GX-5R akan datang dalam waktu dekat sebanyak 4pcs ... 
 



Offline Deny Rusli

  • Hero Member
  • *****
  • Posts: 2002
  • Reputation Power: 48
  • Deny Rusli might someday be someone...Deny Rusli might someday be someone...Deny Rusli might someday be someone...Deny Rusli might someday be someone...
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #13 on: July 15, 2010, 08:14:39 PM »
Kebetulan nih Om..... ada topik ini


Saya dapet penawaran dari pabrik chemical china yang khusus RC nah mereka itu menawarkan saya untuk beli fuel Nitro dgn harga yang lebih murah dari merk yang udah ada, jadi pas banget buat kantong semua kalangan...

Gimana ada yang berminat untuk mencoba Fuel ini karena mereka mengirimkan saya fuel tester 25% & 30% cuman kita testingnya bareng2 aja janjian di tracknya Pak Tumpal Graha Raya gimana ????

Bocoran dong om.. Murahnya sampai brp harga nya? kapan mau main di Graha, info dong, hehe.. :D :D
The sky is high.. But don't forget there is something higher above...

Offline ceng wahyuni

  • Full Member
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputation Power: 1
  • ceng wahyuni has no influence.
    • View Profile
Re: Mari meracik sendiri BBM RC engine (spy hemat biaya fuel & busi)....
« Reply #14 on: July 15, 2010, 09:53:11 PM »
turut mendukung ..........
cen matador.revo 3.3.kyosho mp9.novarossi toro nero 21T.DX3R.align trex 450 V2.trex 600LE.DX7.