December 12, 2017, 11:23:11 AM

collapse

Google Search

* Shoutbox

Refresh History
  • Dilarang jual beli di bagian Shoutbox, gunakan Pasar RC.
  • marionaurora: komunitas boat di jogja ada ga yaa ?
    July 14, 2017, 09:15:26 AM
  • arifp056: komunitas rc drift di kudus apa ya? ada yang tau gag?
    July 10, 2017, 08:53:24 PM
  • RAGA: ada yang bisa review www.gintinghobbies. com
    April 26, 2017, 12:02:19 PM
  • CeCeNeT: hallo.... ada yang tau event race kapan dan dimana sekitar jakarta?
    April 20, 2017, 03:42:20 PM
  • azman: uda di jualain semua kitnya... jadi ga pernah mampir lagi
    April 18, 2017, 11:38:23 AM
  • anaconda: sdh tutup kah web ini
    March 30, 2017, 11:56:57 AM
  • anaconda: pada loit kli yach racer ind nie
    March 30, 2017, 11:55:50 AM
  • mg racer: pagiiiii, dah lama ga main kesini
    March 30, 2017, 07:13:43 AM
  • Saddam: Kopdarnya tiap hari apa min?
    February 10, 2017, 07:15:09 AM
  • hendra.bluesky: siang semuanya, mau cari discharger yang bagus untuk batre aa dmna yah, mohon bantuannya ,  trims
    October 28, 2016, 01:38:29 PM
  • wishnew7: Selamat malam
    October 25, 2016, 06:28:59 PM
  • zadark: Pagi All, mini RC kalau diganti koker inti feritnya supaya jarak jangkauannya lebih jauh gimana ya?
    August 15, 2016, 08:06:48 AM
  • The Big M: Pagiii...wah dah lama gak soan kemari
    August 12, 2016, 08:33:14 AM
  • mbohben: om toko rc di malang dimana ya yg recomended?
    July 23, 2016, 12:47:18 PM
  • dhetz: yang main shortcourse 1/10 EP daerah bsd dan sekitarnya absen dunk..biar bisa joinan bareng
    June 27, 2016, 01:42:42 PM
  • antpur: ada yang pernah pake ESC sanwa 308RZ atau yang ngerti setting ??
    June 18, 2016, 08:26:04 AM
  • lowenheart: agan2 yang ada di bandung.. perkenalkan ane dari bandung.. kita dulu komunitas di bandung maen heli (Persatuan Aeromodelling Bandung), sekarang kita kembali gabung buat bikin frame FPV Drone Racing.. sebenernya ini buatan kita asal bandung, dan udah pernah dipake balap di singapore dan juara jg... nama frame nya HiberNagen (hiber = terbang   nagen = diem) hehehehe... kalo yang mau coba main kita setiap hari kamis di Lapangan Udara Sulaiman Bandung. kita juga punya Drone OJEK yang dimana bisa di pinjemin plus dipinjemin google nya pake Fatshark. kita disini sebenernya bukan cari duit, tapi cari komunitas nya... web kita Hibernagen Official Website terus ada beberapa video oleh team pilot kita  https://www.youtube.com/watch?v=njo4chk0erw https://www.youtube.com/watch?v=4O8qolPOyjc https://www.youtube.com/watch?v=sCsdU9fs7Fk   ini frame asli buatan Indonesia... so kalo yang mau gabung sama kita bisa hub Nicky 08112035522
    April 24, 2016, 01:06:31 AM
  • azfani: harga brapa gan
    April 13, 2016, 12:16:02 PM
  • Rama aprilian s: Dsurabaya ada yang masi main rc adventure nda?
    February 16, 2016, 01:44:10 PM
  • irham: Yg punya transponder blh tawarin dong
    February 11, 2016, 10:06:35 PM
  • rednockp: member baru nih, kemarin liat orang main rc mobil, jadi kepengen
    February 11, 2016, 12:15:31 PM
  • B45Y4H: Sore RC'ers, udah lama berhenti main rc, sekarang kembali aktif lagi, pas liat" forum sepi banget ya, pemain lama pada kemana nih?
    February 04, 2016, 03:10:33 PM
  • eleazaar: siang gan bro.. kangen main RC nih. masih ada yang main rc rally ga ya di jakarta?
    January 04, 2016, 09:22:15 AM
  • GeZardous12: Malam GAN....Sebelumnya ane mau cerita dulu nih.....ane mainin quadcopter ane bentuknye small (MODEL WL TOYS V272).lalu ketika mencapai ketinggian max ane lost signal dan ketiup angin  :berdukas :berdukas :berdukas .lalu pertanyaanya ane lagi nyari model tersebut tetapi yg hanya menjual quadcopternya saja(ALIAS BNF)?.lalu jika tidak ada ane mau nanya apakah bisa transmitternya dipakai UTK QP model lain(2,4 GHz),kalau bisa bisa kasih link Olshopnya?....TERIMAKASIH (ini pertama kali ane nulis pertanyaan) (kalo bisa pm ya gan) :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss :ilovekaskuss
    December 26, 2015, 11:16:30 PM
  • oktazul manroe: ada yg jual esc fe 60 amp seken g om low ada bisa sms 082367414492
    December 26, 2015, 03:25:39 PM
  • admin: enggak lah, pemainnya banyak yg baru juga, ramein semuanya dong
    December 24, 2015, 07:51:40 AM
  • azman: drone drone drone..   yg melata udah mulai sepi gara2 yg terbang2
    December 16, 2015, 09:10:25 PM
  • azman: donre
    December 16, 2015, 09:10:04 PM
  • hendy_ahok: mlm...orang baru nih.lam knal..mohon info donk komunitasnya drone di jombang jatim tu ada ta??mgkn fb nya ..trus lokasinya ...thnks...ya mr.
    December 14, 2015, 08:13:24 PM
  • myusufda: malam semua
    December 02, 2015, 08:42:26 PM

* Who's Online

  • Dot Guests: 60
  • Dot hidden: 0
  • Dot Users: 0

There aren't any users online.


Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - akuhon

Pages: [1] 2 3 ... 5
1
RC Adventure / MST CMX
« on: December 03, 2016, 08:29:31 AM »
Adakah yg sdh pakai produk MST type CMX ?
http://www.rc-mst.com/product.php?class_sn=25&class_sn2=114

Minta review nya kl sdh pernah pake...

Thx all

2
Pasar RC - Baru / SOLD Jual Hard Body Tamiya Wrangler + Parts
« on: May 07, 2013, 01:11:55 PM »
Kebetulan nggak dipake dulu... Sapa tau ada yang membutuhkan :

Hard body Tamiya Wrangler + parts
Kondisi : baru
Term : jual 1 set (body + parts-nya) tidak terpisah
Harga : SOLD

Yg minat bihubungi : 0815-877-1488 (call or SMS)

Spoiler for Foto-foto:








3
Diskusi Umum R/C / Cari R/C di Jepang
« on: October 03, 2012, 08:43:21 AM »
Ada temen dari Jepang, mo dateng ke Indo.
Enakan dititipin kit RC apa, yang nggak ada disini ... ? (Jangan vintage soal mahal...)

Ada saran ?




4
Pasar RC - Baru / Jual part-part sisa ngerakit RC crawler / scale adventure
« on: September 13, 2012, 12:34:28 AM »
Numpang om moderator.

Jualan sisa2 ngebangun / ngerakit yang nggak jadi dipake atau yang kelebihan.

Untuk liat barangnya klik di sini

Silakan SMS saya bagi yg berminat di 0815-877-1488 (via SMS ok)

Thx all..

5
Mo jual aja, nggak jadi ngebangun :

1 set gardan axial ax-10 / scx10 (depan belakang).
Spek : Full lock
Kondisi : bekas

Gbr :





Harga SOLD, blm tmsk ongkir

Yang nggak nego, dpt bonus : spare C-hub dan upper link mount custom (jd nggak pake Y-link std)

Spoiler for Gbr bonus:

Minat : hub. 0815-8771488 (sms only)

6
Nggak tau apa ini re-post atau bukan.
Saya baru liat di HobbyKing ada receiver type ini :



Dengan receiver ini, TX yang dipakai bisa dari IOS atau Android jenis apapun.

Mungkin ini alternatif, bukan sebagai pengganti remote yang ada...
Bbrp hal yang msh kendala :
1. Jarak jangkauan signal (sementara nggak bs jauh, mungkin kalo yg maen crawler / adventure nggak msl)
2. Ketahanan batere (cepet abis kalo dipake)

Tp berpotensi di masa depan untuk dikembangkan .... sapa berminat membuat aplikasinya ???

7
Sesuai judul, untuk teman2 yang pake traxxas e-revo 1/16,
Mo tanya mengenai receiver box E-revo yg waterproof ... :

1. Ini apa bener2 waterproof, dalam arti, kalo direndam ke dalam air, bener2 nggak masuk ? Apa cuman splashproof (anti kecipratan air) ?

2. Kalo dimasukkin futaba R2104GF atau R604FS muat nggak yaa rx box-nya ?

Thanks atas infonya .


8
Off-Road - Nitro & Electric / Project : Bajaj Buggy
« on: July 28, 2012, 11:11:53 PM »
Nah ini dia, proyek iseng ... : Buggy 3 roda (kayak Bajaj).....











Enjoy

9
Radio, Charger, Tools dan Perangkat lain / Futaba 4PK clone (2.4 Ghz)
« on: July 20, 2012, 06:47:17 PM »


Futaba 4PK clone (2.4 Ghz, 3-ch)
Tersedia dalam 2 warna : hitam dan putih ....

Merk : Firelap ERC TG04C

ERC 2.4ghz 3CH rc radio system
Technical Data:
a. TX module: size:14*7*31cm
1) RF Range: 2.400-2.4835GHz ISM BAND
2) Code Type: FSK
3) RF Power: less than 20 DBm
4) TX Current: 150mA typical
5) Modulation signal: 1-3CH, standard PPM pulse width control signal
6) Working Voltage: DC4.8V-6.0V
7) Automatic selects and change frequency (frequency hopping) after turning on the TX

b. RX module:size:4*2*2cm
1) Frequency Band: 2.400-2.4835GHz ISM BAND
2) Working Voltage: DC4.8V-6.0V
3) RX Current: 30mA typical
4) RX Sensitivity:-110dBm typical
5) Demodulate Output signal: standard 1-4CH,
signal pulse width1.0-2.0ms
6) LED Indicator light for RX Sensitivity and frequency bind
7)Control Distance: More than 100M on the opening ground.

Feature:
1.Be used for Professional RC Car and RC Boat.
2.2.4 inch TFT color Screen Display
3. Resolution:1024(256)
4.Display English&Chinese two languages (also,we can do any languages as per your requirement)
5.Can be individually adjusted data for each types of ESC (include RC car and RC boat)
6.Reversible Hand Operation(wheel section can be installed to left-or right hand driving)
7.Real-time dynamic screen
8.Stopwatch function
9.10-model memory,control distance:150M
10.Exponential(EXP Steering and Thorttle)
11.Steering dual rate (d/r-st)
12.Anti-skid braking system (ABS)
13.Digital trim: Steering trim, throttle trim, steering d/r
14.Function select lever function (fnc-dt1/ dt2/dt3/dt4)
15.Tension adjustment funciton
16.Can be used with Firelap 2.4G MINIZ RC Car, easy to binding
Battery (not include):
6*AA batteries




More pics





duh, plastiknya bs buat ngaca euy..







10
RC Adventure / Project XACC-01 (a.k.a. CC01 Custom Built)
« on: July 17, 2012, 07:30:28 PM »

[17 Juli 2012 : 22.38]

XACC-10 (Extreme Adventure Cross Country 10) a.k.a. CC-01 Custom Built
by A. Kuhon (July 2012)


I. Introduction

Hi all. Kembali lagi stlh hampir setahun absent sejak proyek terakhir yang CC-01 Full Ops dan CC-01 Defender 90 (Long Wheel-Based)

Project kali ini bertujuan untuk :
1. Memperpanjang Wheel Base (lbh panjang dari yg D90) -> Lengthen
2. Memperlebar jarak roda kiri ke kanan -> Widen
3. Meninggikan chassis -> Heighten
Selain dari itu, masih ada beberapa tips modifikasi lain agar CC-01 rig anda menjadi lebih kompetitif.

Terus terang, proyek ini merupakan proyek CC-01 yang paling time and money consuming.
So, bagi yang belum memiliki kedua hal itu, artikel ini mungkin bisa menjadi referensi atau sumber inspirasi.

Modifikasi-modifikasi yang akan dijabarkan pada bab-bab berikutnya, sebagian besar sudah pernah diimplementasikan di website luar (www.rccrawler.com, www.scale4x4rc.org, www.crawlercanada.com, etc). Hanya saja, modifikasi-modifikasi  tersebut jarang dilakukan di satu rig. Jadi dalam hal ini, akan dicoba untuk diimplementasikan semuanya dalam satu rig.

Setelah beberapa kali trial and error, ternyata berhasil dan dalam artikel ini akan di-share pengalaman dalam me-modif rig ini, menjadi CC01 yang kompetitif. Selain share modifikasi, juga akan dilakukan pengetesan di berbagai medan extreme, untuk melihat kemampuan rig ini dalam mengatasi berbagai macam medan.

Spesifikasi (sementara) sbb :
Chassis : Tamiya CC-01
Body : Proline Descender (Suzuki Vitara / Escudo / Sidekick)
Color : Tamiya Camel Yellow
Additional parts : 3Racing, Yeah Racing, Axial, RC4WD
Grafx / decals : offroad 4x4 by Yandra
Wheels : 1.9 beadlock Mopar-style by Nopi (Nop The Builder)
Tire : RC4WD 1.9 Rox Lok
Shaft : Axial (dual)
Links : 3Racing
Shock : Yeah Racing
Shackle : RC4WD
Wheel extender : Junfac
Knuckle : GPM Racing
 
Purpose :
Extreme Adventure Cross Country - Medium Crawler


[28 Juli 2012 : 19.20]

A. Heightened
Pada tujuan kali ini, tidak banyak built step yang dilakukan. Untuk tujuan ini ada 3 hal yang dilakukan :

1. Menggunakan high clearance knuckle
Ada 2 produk dari 3Racing yang digunakan. Masing2 hanya dibutuhkan sepasang yaitu :
a. Untuk bagian depan : 3Racing High Clearance Knuckle For CR-01 (CR01-26/LB)
b. Untuk bagian belakang : 3Racing High Clearance Knuckle For AX10 Scorpion (AX10-32/GR)
Kedua produk ini akan menambah tinggi sekitar 15mm yang cukup signifikan agar rig ini dapat melalui berbagai hambatan.

2. Menggunakan ban berdiameter besar (tinggi)
Ban RC4WD seri 1.9 Rox Lok yang merupakan salah satu ban berukuran tinggi untuk kelas 1.9

3. Pengaturan atau penggantian damper set.
Pengaturan kekerasan damper alum atau plastik yang menggunakan ulir atau pengganjal per, dapat mempengaruhi tinggi rendah ground clearance selain penggantian dengan damper set yang lebih tinggi. Namun pengaturan ini ada pembatasan agar komponen lain tidak terganggu / terhambat kinerjanya. Mis. dengan memperkeras shock per bagian depan, swing arm akan semakin curam, demikian pula dengan shaft axle. tetapi ada pembatasan dimana shaft axle ini tidak boleh sampai menyentuh knuckle. Bila menyentuh, maka akan terjadi gesekan antara shaft dan knuckle yang menurunkan performa secara keseluruhan.

 
Spoiler for Heightened:
Front



Rear



B. Widened
Tujuan memperlebar ini, tadinya belum terpikirkan. Tetapi karena secara logika, apabila rig ini ditinggikan, tanpa memperlebar jarak antara roda kiri dan kanan, akan meningkatkan resiko terguling pada jalan yang miring (lih. video D90-CC01 di atas). Kemungkinan berjalan di permukaan yang miring, selain ditunjang dari lebarnya jarak roda kiri dan kanan, juga tergantung permukaan dan jenis ban yang digunakan. Karena pada rig ini digunakan ban tinggi dengan tapak tidak begitu lebar, maka semakin menambah resiko terguling bila jarak kiri dan kanan tidak dilebarkan.

Hal yang dilakukan untuk memperlebar jarak roda kiri ke kanan :

1. Mengganti suspension arm dengan yang lebih panjang (front).
Hal ini berimbas kepada penggantian komponen-komponen lain di luar suspension arm itu sendiri.

2. Menggunakan wheel widener berupa hex yang lebih tebal (rear).
Penggantian ini relatif mudah dan tidak perlu modifikasi tambahan

Spoiler for Widened:
Front





Rear




C. Lengthened
Perpanjangan wheebase dilakukan untuk memperoleh artikulasi dan coverage lintasan yang lebih baik. Dengan memperpanjang wheelbase maka artikulasi menjadi lebih fleksibel hingga batasan tertentu (rig yang terlalu flex, justru kurang baik). Selain itu dengan wheelbase yang lebih panjang, rig tidak mudah tersangkut pada hambatan-hambatan sepanjang lintasan.
Perpanjangan ini dilakukan dibagian belakang rig, dikarenakan bagian depan sudah fixed (model CC-01 bagian depan tidak menggunakan gardan / axle)

Untuk memperpanjang wheelbase ini, dilakukan beberapa hal :

1. Mengganti linkage dengan yang lebih panjang.
Selain panjang, linkage yang digunakan juga agak bengkok untuk memperoleh high clearance yang lebih baik

2. Mengubah letak mounting linkage ke chassis
Untuk ini diperlukan lubang baru pada chassis yang disesuaikan dengan panjang wheelbase yang diinginkan

3. Karena perpanjangan linkage, otomatis propeller shaft (kopel) juga harus diperpanjang
Dalam hal ini, digunakan double gardan dengan pertimbangan agar fleksibilitas / artikulasi dan ground clearance yang lebih baik.

Spoiler for Lengthened:




II. The Build-up Process

Langsung saja kita mulai. Seperti biasa, akan diberikan pula info-info mengenai part yang digunakan dalam build process kali ini. Mudah2an part ini masih ada, karena beberapa menggunakan part lama yang memang sudah jarang dan hanya ada di beberapa stockist (kolektor) dan teman2 di Jepang, Hong Kong dan USA.

A. Suspensi Depan

Karena keperluan memperlebar jarak roda kiri kanan ini, maka mulailah dicari arm type swing arm untuk bagian depan yang agak panjang. Akhirnya dipilih suspension arm TL-01LA bagian belakang. Pemilihan ini sangat tepat, karena selain tidak begitu panjang, juga agar arm ini adalah sisa arm yang tidak terpakai dari proyek D90-CC01 sebelumnya (jadi tidak mubazir).

Sebelumnya sempat dipilih arm buggy elektrik Tamiya TL-01B tetapi terbentur pada modifikasi arm belakang yang akan susah untuk mengikuti arm depan yang menjadi begitu lebar. Bila dipilih arm ini, maka dibutuhkan wheel widener yang lumayan panjang agar lebar bagian belakang juga sama dengan bagian depan. Selain tidak tersedia, juga kuatir mudah patah karena terlalu panjang.

Konfigurasi awal :
Arm : Tamiya TL-01 long suspension arm, rear (code : 53467)
Shaft : 3Racing Swing Shafts for Tamiya TA05 (46mm) (code : TA05-26)
Knuckle : 3Racing High Clearance Knckle for CR-01 (code : CR01-26/LB)
C-Hub : GPMRacing CC-01 C-Hub (code : CC019)
Suspension Shaft : Tamiya DF-02 U-Shaft (code : 51082)
Brace : RC Channel Front A Arm Brace set (code : TC80924)
Front Skid Plate : RC Channel Alum fr. skid plate (code : TC82901)

Spoiler for Foto Konfigurasi Awal:

Tahap-tahapnya sebagai berikut :
Tahap 1 : Suspension Arm -> widened
Suspension arm TL01-LA memiliki bagian2 berlebih di sisi sebelah dalam yang bersentuhan dengan part lain (baik yang ke arm brace maupun yang ke knuckle). Bagian-bagian tersebut harus di-trim agar pas masuk dan tidak bergesekan dengan bagian lain. Diusahakan agar pemotongan dilakukan sedikit demi sedikit agar supaya pas tanpa ada gesekan lagi, tetapi juga tidak terlalu longgar. Bila ternyata terlalu longgar, gunakan shim untuk mengurangi bagian-bagian yang agak longgar tadi.

Spoiler for Bagian-bagian yang dipotong:



Setelah dipotong



Arm yang telah dipotong (sebelah kanan) dan yang belum dipotong (sebelah kiri)



Tahap 2 : C-Hub Mods
C-Hub yang digunakan buatan GPMRacing. Secara bentuk tidak berbeda dengan C-hub standar Tamiya CC-01. Perbedaan hanya dari segi material yaitu bahan yang digunakakan adalah alum anodize warna biru.

Karena c-hub yang digunakan adalah c-hub untuk CC-01 yang akan dipasangkan dengan suspension arm TL01, perlu dilakukan sedikit modifikasi. Diameter lubang c-hub CC-01 lebih besar 1 mm dari diameter lubang pada suspension arm TL-01 yang berukuran 3mm. Untuk itu diperlukan tubing besi dengan ketebalan 1mm yang harus dimasukkan ke dalam c-hub CC01 tadi. Panjang tubing disesuaikan dengan c-hub CC-01.

Spoiler for GPM CC-01 C-hub setelah di-modifikasi:

C-hub kanan setelah menggunakan adapter sehingga diameter menjadi 3mm, sedangkan yang kiri belum



lebih dekat



Hanya lubang bagian bawah saja yang harus dipasang adapter sehingga diameter berubah menjadi 3mm.

Tahap 3 : Knuckle Mods -> Heightened
Pemakaian standar untuk knuckle ini, hanya memerlukan dogbone yang sesuai dengan panjang suspenion arm, karena telah memiliki wheel axle yang beroperasi seperti wheel axle lain pada umumnya.

Spoiler for Knuckle High Clearance CR-01:


Yang membedakan adalah adanya gearbox pada knuckle tipe ini. Struktur bagian dalam knuckle tipe ini terdiri dari 3 bagian yaitu wheel axle, metal bushing dan gear dengan spesifikasi sbb (in=masuk knuckle gearbox, out = keluar knuckle gearbox) :
1. Wheel axle : in = 4mm dan out = 5mm
2. Bushing : in = 740 (2) dan out = 850 (2)
2. Gear : in = 10T dan out = 15T -> ratio 1:1,5
Hal ini berlaku untuk kedua jenis knuckle, baik yang untuk AX10 ataupun CR-01.

Spoiler for Bagian dalam knuckle tipe high clearance untuk AX10 dan CR-01:
CR-01 High Clearance Knuckle


AX10 High Clearance Knuckle


Perbedaan hanya pada bentuk luarnya dan model wheel axle yang masuk ke dalam gearbox, sedangkan bagian dalam sama semua, termasuk ukuran bearing yang digunakan
 
Modifikasi pada bagian ini dilakukan karena shaft yang akan digunakan adalah tipe univershal shaft (CVD) yang tersambung langsung dari drive shaft ke wheel axle. Dalam hal ini, perlu dilakukan modifikasi khusus pada bagian wheel axle agar bisa masuk ke dalam knuckle gearbox.

Modifikasi yang dilakukan adalah dengan momotong dan mengecilkan ukuran diamater wheel axle serta mengatur posisi lubang pin agar sesuai seperti aslinya. Beruntung posisi lubang pin dari wheel axle pada 3Racing TA05 universal shaft adalah sama dengan wheel axle asli dari knuckle, sehingga tidak perlu membuat lubang baru.
Sehingga hanya proses memotong dan mengecilkan diameter wheel axle supaya sama dengan yang aslinya.

Spoiler for Gambar wheel axle dari TA05 universal shaft dan CR01 knuckle high clearance:
Sebelum dipotong dan dikecilkan


Setelah dipotong dan dikecilkan


Setelah proses pemotongan dan pengecilan diameter selesai, kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan. Sebelumnya universal shaft dirakit dulu, setelah itu baru dilakukan pemasangan kembali knuckle gearbox.

Spoiler for Pemasangan TA05 universal shaft pada knuckle gearbox:




Setelah pemasangan selesai dan pas -> gearbox bisa menutup dengan baik, langkah selanjutnya adalah penggantian bushing dengan ball bearing. Sesuai dengan keterangan diatas, tiap knuckle gearbox menggunakan 4 bearing dengan 2 ukuran berbeda yaitu 740 dan 850. Disini digunakan ball bearing dengan penutup dari bahan teflon biru agar debris atau partikel kecil lain (termasuk debu) tidak mudah masuk dan mengganggu perputaran roda.

Spoiler for Penggantian bushing dengan bearing:


Selain itu juga, plastic bearing pada C-Hub juga dganti dengan ball bearing (butuh 4 bearing ukuran 850)
Spoiler for C-hub bearing:


Tahap 4 : Brace dan Front Skid Plate
Dalam tahap ini, suspension arm yang sudah terpasang c-hub dan knuckle akan disambungkan pada brace yang sudah terpasang pada skid plate, dengan menggunakan U-shaft.  Proses ini tidak berbeda dengan proses perakitan suspensi pada artikel D90 CC-01 terdahulu. Pada beberapa bagian baik di brace maupun di skidplate, dapat dilakukan pengikisan seperlunya agar suspension arm dapat bergerak bebas tanpa hambatan.

Spoiler for brace, skid plate, u-shaft:
 

Pemasangan shaft ini, sebenarnya berisiko dimana ada kemungkinan shaft yang terpasang, tidak cukup dalam masuk ke cup joint di central gearbox (gearbox di chassis yang menghubungkan bagian kiri dan kanan rig) sesuai kebutuhan. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, tetapi yang terutama adalah, seberapa besar sudut yang terbentuk antara cup joint, suspension arm dan knuckle  dalam berbagai posisi agar rig memiliki ground clearance dan movability yang cukup baik termasuk steering dan elevasi.

Pada saat pemasangan ini, universal shaft TA05 ini, masih bisa masuk ke dalam cup joint, walaupun tidak terlalu dalam. Tapi pada posisi sudut tertentu dengan kondisi roda berputar, salah satu ujung pin (besi kecil) yang ada pada pangkal shaft, terlihat berada diujung bibir cup joint. Walaupun posisi pin satunya masih didalam cup, tetapi bila terjadi tumbukan yang cukup keras dengan hambatan di permukaan yang tidak rata, dapat mengakibatkan shaft ini terlepas dari cup joint dan bisa merusak bagian-bagian lainnya (ingat ini universal shaft, bukan dogbone)

Cocok atau tidaknya panjang shaft ini, akan ditentukan setelah dilakukan pemasangan shock.

[29 Juli 2012 : 13.55]

Tahap 5 : Shock Installation -> Heightened
Shock yang digunakan untuk suspensi depan berukuran (eye-to-eye / dr lubang baut atas ke lubang baut bawah) 70mm. Pemilihan ini tidak langsung ditetapkan dgn ukuran tersebut tp dicoba2 dengan shock berukuran antara 60 - 90mm. Akhirnya dipilih ukuran 70mm dengan pertimbangan sudut suspension arm tidak terlalu datar dan tidak terlalu curam

Spoiler for Shock:

Shock mounting dilakukan berlawanan dengan shock mounting CC-01 pada umumnya. Hal ini dikarenakan design steering yang akan digunakan berbeda dr stock CC-01, dimana servo akan ditempatkan di bagian terdepan chassis. Agar steering link bebas bergerak tanpa terganggu, maka letak shock dipindah kebelakang swing arm (seperti di gambar).

Penempatan shock di bagian belakang, tidak menggangu part lain dan cukup sejajar.

Spoiler for Posisi Shock:

Dengan penempatan shock pada posisi demikian, sudut yang terbentuk relatif cukup baik, dimana lebar jarak roda kiri dan kanan bertambah. Disamping itu, ground clearance juga bertambah ....

Spoiler for Sudut antara cup joint, universal shaft dan knuckle:

nb. digambar ini, universal shaft sudah saya modifikasi supaya pangkal shaft pada cup joint lebih masuk ke dalam

11
RC Adventure / CC01 Jeep Wrangler is back
« on: October 13, 2011, 08:40:03 PM »
Ternyata sudah hampir 1 bulan, Tamiya keluarin new batch international terakhir utk CC01 Jeep Wrangler.. (info dari temen2 stockist RC di Jepang)

Bagi temen2 rc adventure yang belum kedapetan, silakan diburu, mumpung lagi byk....
Nanti kalo nggak dpt, nyesel deh ....


12
RC Adventure / New GPM Products for Tamiya CC-01
« on: August 10, 2011, 09:43:03 AM »
GPM baru saja mengeluarkan 2 produk baru yang merupakan usulan dari komunitas pengguna CC-01 di seluruh dunia..
Adapun 2 produk itu adalah :

1. CC100MG
The Optional Main Gear Set
Yang terdiri dari :
Steel Spur Gear 59T with 0.8mm pitch (1pc)
Alloy motor pinion of 13T & 16T (2pcs)
Plastic Spur Gear Holder (1pc)
5x8mm bearing (1pc)
5x11mm bearing (1pc)



Hal ini untuk mengantisipasi seringnya spur gear yang rontok ....
Kemungkinan, spur gear ini sama dgn yg 32P ....  CMIIW

2. CC024
Aluminum servo mount (1pc)



Kalo yang ini, adalah servo mount, yang berguna bila menggunakan servo dgn torsi besar untuk menggerakan ban yang berukuran diatas stock ban Tamiya. Terkadang stock servo mount plastik akan deform karena tidak kuat / kalah terhadap servo.. Untuk itu, diperlukan servo mount ini.

Bagi rekan2 yang menggunakan CC-01 dan melakukan modifikasi extreme, mungkin kedua part ini sangat berguna.
Untuk review kedua part ini, akan dilakukan setelah barang datang...

Thanks.
 

13
Bagi rekan2 pengguna radio system Futaba 2.4 Ghz tipe 3PK dan 4PK(S), yang memiliki banyak kit, tentunya agak repot apabila harus membeli rx merk futaba yg harganya cukup mahal (604FS, 603FS, 614FF).

Setelah mencari2 info di internet, ternyata ada satu Rx yang kompatibel dengan harga yang lebih terjangkau dari rx merk futaba (bahkan dari harga 2nd-nya sekalipun), yaitu TFR8-S keluaran Frsky (http://www.frsky-rc.com/ShowProducts.asp?id=51).

Barangnya kalo di hobby king seperti ini bentuknya :



http://www.hobbyking.com/hobbyking/store/uh_viewItem.asp?idProduct=17206

Khusus untuk di hobbyking, jangan salah order, pastikan produk id-nya adalah : TFR8S, dikarenakan ada produk yang bentuknya sama persis tetapi dgn kode produk berbeda : ORNG8F. Yang terakhir ini, tidak dapat digunakan untuk surface system.

Adapun rx system mode yang digunakan agar bisa bekerja pada Futaba 4PK, harus di-set ke FAST-C1 (mirip settingan untuk 603FS pada 4PK). Rx ini sebetulnya digunakan untuk rc pesawat dengan 8 ch., tp untuk surface yang berfungsi hanya 3 channel (mirip Futaba rx 603FS), bukan 4 channel seperti pada fut rx 604FS.

Mudah2an info ini membantu rekan2 pemakai Futaba 4PK


14
Ini ada beberapa ban dan velg, yang belum mo dipake.
Jadi dijual aja dulu, sapa tau ada yg minat

Scale Adventure

Tires

1. RC4WD Prowler XS 1.9" tires, 1 set (4ban) (AVAILABLE)
Spoiler for Hiden:

2. RC4WD Dick Cepek Mud Country, 1 set (4 ban) (AVAILABLE)
Spoiler for Hiden:

Wheels / velg

KOSONG


Utk harga, bs PM atau SMS ke 0815-877-1488 (SMS lbh cepet)



15
RC Adventure / Just another DEFENDER 90, CC01-based (new built)
« on: May 08, 2011, 12:17:33 AM »
Nambah lagi nih 1 rig. Masih CC01-based tp dari jenis LWB (Touareg / Honda CRV) dengan body Defender 90.

Spec-nya :
1. Chassis : Tamiya CC-01
2. Body : RC4WD Defender 90 Lexan
3. Paint & color : Tamiya Gun Metal / Bright Silver

Purpose : Light Adventure

Sementara penampilannya dulu, build steps nya menyusul :



Spoiler for Gambar-gambar lain:







[9 Mei 2010 : 13.55] 1st update

DEFENDER 90 on Tamiya CC01-based chassis
by A. Kuhon (May 2011)


I. Introduction

Pengalaman merakit CC01 untuk body Toyota Landcruiser FJ40 dengan Full Option membuat saya ketagihan dan ingin menambah satu lagi untuk body RC4WD Land Rover Defender 90 berbahan  polycarbonate (Lexan).

Berdasarkan hasil survey dan info, body ini dapat dipasang pada CC01 tetapi harus menggunakan gardan / kopel panjang karena wheelbase dari body Defender ini kurang lebih mencapai 280mm (LWB) dibanding standar CC01 yg 260mm (SWB.)
Adapun kopel LWB ini relatif sedikit dipakai pada chassis CC01 dibandingkan yg SWB. Setahu saya, hanya ada 2 kit yang menggunakan kopel LWB yaitu : Tamiya Honda CRV (58148 dan Tamiya VW Touareg (58324).

Kit yang terakhirlah yang menjadi base proyek ini (VW Touareg), mengingat kitnya juga sudah sangat jarang yg barunya di pasaran. Kebetulan diperoleh dari dedengkot / pakar crawling kita, om Ario (Armod). Thanks.

Untuk part-part yang dibutuhkan pada proyek ini, seperti terlihat di gambar bawah :



Tamiya :
58324 Volkswagen Race Touareq
53467 Long Suspension Arm Set TL01/FF2
51082 DF-02 U-shaped shaft
19115264 Tamiya Toyota Land Cruiser 40 M Parts CC01

GPM Racing :
CC161  Alloy rear adjustabe suspension links
CC030  Alloy rear damper mount
CC048  Alloy steering assembly
CC018  Alloy motor plate

RCchannel :
Front A arm brace - 1 set
Aluminum front skid plate

3Racing :
Spacer M3 & M4
TA05 Universal Axle Shaft (tidak bisa dipakai karena terlalu panjang)
Titanium turnbuckle

Yeah Racing :
CC01 Bearing set

Junfac :
J20022  CC01 Chassis Skid Plate

Beberapa part akan ditambahkan dalam tahap perakitan.

[10 Mei 2010 : 09.30] 2nd update

II. Modifikasi / Build Up Process

Dalam proses perakitan terbagi menjadi beberapa tahap yang terdiri dari :
1. Pemasangan undercowl besi buatan Rcchannel
2. Modifikasi / pemotongan chassis bagian depan
3. Pemasangan seluruh gear / trainny dan steering system.
4. Modifikasi / pemasangan front suspension dengan TL01 Long suspension arm
5. Modifikasi / pemasangan rear linkage buatan GPM
6. Pemasangan undercowl dengan urutan : Junfac skid plate, rcchannel front skid plate, custom steel bumper
7. Modifikasi / pemasangan body post

Beberapa hal yang akan dibahas adalah bagian modifikasi pada build up kali ini  :
1. Chassis
2. Suspension arm
3. Undercowl
4. Body trimming
Diluar hal-hal diatas, tahap perakitan dapat dilihat di proyek CC01 untuk Toyota Landcruiser FJ40 terdahulu di
http://rc.web.id/forum/rc-adventure/poison-no-1-adv-project-cc-01-jeep-wrangler-full-ops/

1. Chassis
Setelah beberapa kali melakukan test field di berbagai medan, kendala utama adalah kesulitan chassis ini untuk melewati hambatan. Hal ini disebabkan karena bumper depan bagian bawah yang agak panjang dengan sudut elevasi yang terlalu rendah / cenderung flat, sehingga bagian depan ini sulit terangkat ketika menemui hambatan, terutama yang berukuran besar.

Untuk itu dilakukan modifikasi chassis berupa pemotongan bagian depan. Pemotongan ini disesuaikan dengan sudut elevasi yang diinginkan serta posisi body pada chassis.

Hasilnya seperti dalam gambar berikut :



Spoiler for Gambar-gambar lain proses modifikasi chassis:






Selanjutnya, bagian yang dipotong tadi ditutup dengan plastik hitam yang direkatkan dengan lem compound dextone.



Spoiler for Gambar-gambar lain:






[10 Mei 2010 : 03.50] 3rd update

2. Lengan Suspensi

Bagian depan

Untuk lengan suspensi, saya menggunakan versi lengan panjang (long suspension arm) utk Tamiya TL-01 / FF-02 (53467 Long Suspension Arm Set TL01/FF2). Untuk kit TL01 / FF02 -nya sendiri, sudah discontinue, sehingga utk mencari option tamiya lengan panjang yang baru ini, benar2 cukup sulit. Beruntung beberapa teman pehobby RC di Jepang, masih ada yang punya, sehingga bs digunakan dalam proses perakitan kali ini. Bagian lengan yang digunakan adalah bagian depan saja.

Sedangkan untuk suspension shaft antara lengan dan chassis, digunakan U-shaped shaft untuk Tamiya DF-02 (51082 DF-02 U-shaped shaft) Pertimbangan pemakaian shaft ini adalah :
1. Low maintenance, tidak perlu pake baut atau e-clips,
2. Agar chassis tidak cepat retak apabila salah satu lengan suspensi tertabrak benda keras.

Adapun untuk bagian bawah, digunakan undercowl dari rcchanel berikut arm brace-nya.
U-shaped shaft masuk pada kedua lubang arm brace dengan pas. Demikian juga terhadap lengan suspensi.



Pada saat pemasangan, lengan suspensi tidak muat dan harus dikikis sedikit agar sesuai dengan panjang arm brace.



Stlh dikikis, maka lengan suspensi masuk pas sesuai panjang arm brace dari rcchannel



Selain lengan suspensi,  beberapa bagian juga dikikis, seperlunya

.

Spoiler for Gbr lain:


[12 Mei 2010 : 23.30] 4th update

Bagian belakang / linkage

Pada bagian ini, digunakan axle standar, dengan penggantian pada bagian linkage dan shock mounting. Menggunakan linkage standar plastik akan menyebabkan wheelbase kurang pas dengan body defender. Untuk itu digunakan linkage CC01 dari GPM racing (CC161 Alloy rear adjustabe suspension links ). Linkage ini memiliki beberapa pilihan rod end panjang dan pendek. Hal ini sangat baik untuk mengatur jarak sumbu roda (wheelbase) agar sesuai dengan body.

Pilihan jatuh pada semua rod end panjang, tetapi ini juga msh terasa sedikit belum pas. Karena itu, ditambahkan spacer alum diameter 4mm dengan panjang 4mm pada linkage bawah (tanda merah pada gambar), sedangkan untuk linkage atas, ditambah baut 4mm standar (tanda biru pada gambar).

Gambar-gambar



Spoiler for Gambar lain:

Shock mounting (dudukan shock) belakang


Untuk shock mounting belakang, digunakan juga part dari GPM Racing (CC030 Alloy rear damper mount). Pemilihan ini dikarenakan dudukan shock dapat diatur tinggi rendah (tanda merah pada gambar di bawah) untuk keperluan tertentu di masa datang, mis. spy tidak tersangkut body bila diganti dengan ban besar, merendahkan body untuk keperluan "low-ride" ....dll

Gambar



Spoiler for Gambar lain:


3. Bagian bawah (Undercowl) keseluruhan

Mengingat bagian bawah chassis CC01 cukup 'berliku' dan sering terbentur sehingga mengurangi / menghambat mobil berbasis chassis ini, maka bagian bawah ditutup dengan part dari Junfac (J20022  CC01 Chassis Skid Plate). Secara keseluruhan, pemasangan pada bagian bawah ini, dimulai dari Junfac skid plate, diikuti Rcchannel front skid plate, dan terakhir bagian depan menggunakan steel front bumper custom untuk mengurangi hambatan chassis ini di medan berbatu / tidak rata.

Gambar



[15 Mei 2010 : 19.00] 5th update

4. Pemasangan / pengepasan body Defender 90 (Body Trimming)


Pemasangan body itu sebenarnya tidak begitu ribermasalah bila bodynya adalah pasangan dari kit.
Karena body ini bukan pasangan dari kit, maka masalah yang muncul adalah :
a. Panjang body
b. Tinggi body

a. Panjang Body
Mengingat body Defender 90 ini termasuk cukup panjang bahkan sedikit lebih panjang dari body CC-01 terpanjang (Touareg), maka seperti telah dijelaskan diatas pada bagian 'Linkage Belakang' diatas, maka diperlukan sambungan (linkage) yang adjustable agar wheelbase body bisa pas dengan wheelbase dari chassis. Seperti telah dijelaskan diatas, untuk keperluan ini, diperlukan linkage CC01 GPM dengan extended alum spacer sebesar 4mm. Hasilnya, ban bisa pas dengan lubang ban pada body

Gbr secara keseluruhan terlihat tidak pas (disebab karena angle camera tipe wide screen..) :



Tp bila dilihat perbagian :

Depan


Spoiler for Hiden:

Belakang


Spoiler for Hiden:

b. Tinggi body

Tinggi juga menjadi masalah. Selain dari kit Touareg yang hanya menyediakan body post pendek sesuai bodynya, ternyata bagian belakang body Defender 90 ini masih lebih tinggi dari body Jeep atau Toyota Landcruiser FJ40 (tidak tahu kalo dibanding dengan Bronco atau yang lainnya...). Untuk keperluan pemasangan ini maka dibutuhkan part tamiya dari kit Toyota LandCruiser FJ40 p/n 19115264 Tamiya Toyota Land Cruiser 40 M Parts CC01.

Body post depan
Pemasangan sesuai dengan posisi pemasangan body post Toyota FJ40, tidak ada perbedaan.

Gambar



Body post belakang
Pemasangan juga sesuai dengan posisi pemasangan body post belakang Toyota FJ40 tetapi karena masalah tinggi tadi, ditambahkan sedikit plastik tambahan, seperti terlihat pada gambar yang bertanda merah. Plastik ini tersedia pada kit, plastik part E no. 6. Plastik part ini tidak digunakan (sesuai pada manual perakitan FJ40) karena bertanda gelap. Namun dalam pemasangan body post ini, saya gunakan agar body post menjadi lebih tinggi sebagai penahan body

Gambar



Demikianlah semua modifikasi yang dilakukan dalam memasang body ini dan juga part2 lainnya.
Mudah2an dapat membantu rekan2 lain yang ingin memodifikasi unit CC-01 nya atau mempertimbangkan pemasangan body Defender 90 atau body lain ....

Thanks,
A. Kuhon

Pages: [1] 2 3 ... 5